Mohon tunggu...
Inanda Kasmawardah
Inanda Kasmawardah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Halo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa Kesmas FK ULM Berikan Edukasi tentang Bahaya Merokok dan Cara Penanggulangannya Menggunakan Media Audio-Visual

29 November 2021   09:37 Diperbarui: 29 November 2021   09:46 83 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyuluhan mengenai  bahaya merokok dan cara menghentikan kebiasaan merokok menggunakan media audio-visual “The Effect of Smoke”/dokpri

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat melakukan penyuluhan mengenai  bahaya merokok dan cara menghentikan kebiasaan merokok menggunakan media audio-visual “The Effect of Smoke” pada hari Sabtu, tanggal 13 November 2021.

Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) merupakan suatu proses belajar mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat FK ULM di lapangan sebagai bagian dari kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM).

Adapun tujuan dari PBL agar para mahasiswa mengenal dan memiliki pengalaman belajar di masyarakat, memotret kondisi kesehatan masyarakat dan menerapkan diagnosis kesehatan komunitas yang intinya mengenali, merumuskan dan menyusun prioritas masalah kesehatan masyarakat. Kemudian Mengembangkan program penanganan masalah kesehatan masyarakat yang bersifat promotif dan preventif. Bertindak sebagai manajer madya yang dapat berfungsi sebagai pelaksana, pengelola, pendidik dan peneliti. Melakukan pendekatan pada masyarakat dan bekerja dalam tim multidisipliner.

PBL sudah dilakukan sejak awal bulan Maret 2021. Pada Sabtu (13/10/2021) mahasiswa kesehatan masyarakat kembali turun ke lapangan untuk PBL lanjutan yaitu melakukan intervensi terkait penyuluhan tentang bahaya merokok dan cara penanggulangannya kepada masyarakat di Kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru, lebih tepatnya di RT. 006 RW. 003.

Dokpri
Dokpri
Kegiatan yang dilakukan meliputi pembukaan, pengisian kuesioner pre-test, pemberian materi yang disampaikan oleh Rifqi dan Rhisza menggunakan media audio-visual “The Effect of Smoke” yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab bersama masyarakat dan dilanjutkan pengisisan kuesioner post-test, serta penutup.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
“Dengan kegiatan ini dan informasi dari media audio-visual “The Effect of Smoke” kami berharap masyarakat di Desa Guntung Paikat bisa membiasakan diri untuk tidak merokok dan menerapkan pola hidup yang sehat” ucap Febi selaku ketua kelompok 16 kepada masyarakat di Kelurahan Guntung Paikat RT. 006 RW. 003, Sabtu (13/10/2021).

Foto Bersama Warga Guntung Paikat Guntung Paikat RT. 006 RW. 003/dokpri
Foto Bersama Warga Guntung Paikat Guntung Paikat RT. 006 RW. 003/dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan