Mohon tunggu...
Inamu Dzakiyya 99
Inamu Dzakiyya 99 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mindfullness

Penikmat Kopi & Puisi

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Low of Attraction

5 September 2022   13:09 Diperbarui: 5 September 2022   13:16 172 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"The mind has a powerful way of attracting things that are I harmony with good and bad"  (Pikiran memiliki cara yang ampuh untuk menarik hal-hal yang selaras dengannya, baik dan buruk)

--Idouw Royenikan 

Aku membuka buku harianku 8 tahun yang  lalu, sebuah buku harian remaja yang berisi target jangka panjang dengan berbagai macam impian. Membaca halaman demi halaman memastikan bahwa hari ini yang terjadi ternyata sempat tertulis di buku itu. Semesta seolah merestui dengan jalan terjal pun hal tersebut dapat terlalui. Sebuah hukum tarik menarik ketika kita sangat menginginkan sesuatu dan terus mempercayai bahwa kita akan mendapatkannya maka kita benar-benar akan mendapatkannya.

"Reality is a projection of your thoughts on the things your habutually think about"

Realita adalah proyeksi pikiran anda, atau hal-hal yang biasa kamu pikirkan. --Stephen Richard

  • Sejarah

Law of Attraction ditemukan dalam berbagai penemuan kuno, meskipun tidak terdapat informasi waktu pasti, mulai kapan konsep ini pernah ditemukan, namun konsep ini pernah ditemukan dalam tulisan-tulisan sebuah agama.

Semua yang kita miliki adalah hasil dari apa yang kita pikirkan, Law of Attraction juga berasal darikonsep 'Karma' Kepercayaan sebab-akibat yang populer di masyarakat.

Jika kita memikirkan hal-hal baik, maka hal-hal baik tersebut akan terjadi pada kita. Sebaliknya, jika kita terus memikirkan hal-hal buruk, maka hal buruk itu yang akan terjadi.

  • Cara Kerja Law Of Attraction

Law Of Attraction merupakan gaya metafisika yang cara kerjanya mirip dengan gaya gravitasi, layaknya gravitasi Law of Attraction menjadi kekuatan magnet antara impian dan tindakan untuk mewujudkannya. Jika kita mampu mencapai apa yang kita harapkan, maka kita akan terpacu untuk mewujudkan harapan tersebut, namun jika pikiran merasa kita tidak mampu, maka tidak ada dorongan diri untuk bertindak melakukan sesuatu.

Seorang Psikolog Carol Dhwek mengemukakan, bahwa seseorang yang memiliki pola pikir yang maju, yaitu percaya kemampuannya sendiri untuk berubah dan mau mempelajari hal-hal baru, kemungkinan besar akan mencapai nilai rata-rata yang tinggi dari pada mereka yang memiliki pola pikir sebaliknya.

Ronda Byrne dalam bukunya "The Secret" mengungkapkan, bahwa jika kita meyakini sesuatu itu sangat mudah dilaksanakan maka segalanya akan benar-benar mudah. Sebaliknya, jika kita meyakini sesuatu itu sulit maka, itu akan menjadi sulit. Hal ini berkaitan dengan pikiran kita dan apa yang kita yakini sayangnya, banyak orang yang memikirkan hal negatif. Pola pikir yang negatif ini menahan kita untuk maju, sehingga hal ini menjadi keraguan, ketakutan, bahkan bisa menghalangi kesempatan besar yang mungkin dapat kita raih.

Pikiran dapat menciptakan kehidupan seperti yang kita inginkan, tetapi juga dapat menyiksa kita dengan segala hal negatif. Ketika kita sangat fokus pada sesuatu, kita justru dapat menarik hal negatif di sekitar hal tersebut. Sebaliknya, jika kita berfokus pada hal baik dan pasrah, maka akan menarik hal-hal yang baik dalam kehidupan kita.

"Everything is within your power and your power is within you" - Janice Trachtman

  • Proses Terjadinya Law of Attraction

Terdapat 3 proses terjadinya Law of Attraction, proses tersebut yaitu:

  • Ask (Menerima)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan