Mohon tunggu...
Ina Fatah
Ina Fatah Mohon Tunggu... Administrasi - blogger, penulis, karyawan

seorang ibu rumah tangga yang hobi membaca dan mau terus belajar untuk meningkatkan kompetensi diri yang penting tiap hari menulis, penting tak penting, yang penting ditulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Internet Tak Terbatas dan Belajar Online di Masa Pandemi

16 Juli 2022   23:29 Diperbarui: 16 Juli 2022   23:33 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Saat mendampingi Fitry belajar online. Dok. Pribadi

Pertengahan tahun 2020 hingga akhir 2021 bisa dikatakan adalah masa-masa yang berat bagi semua orang di dunia termasuk di Indonesia. 

Masa pandemi Covid 19 telah merusak nyaris semua sendi kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Demi kesehatan dan kelangsungan hidup generasi muda, pendidikan harus dilakukan secara online atau di rumah.

Bayangkan saja, siswa dan mahasiswa yang biasanya belajar nyaman di sekolah dan kampus, pada saat itu harus belajar dari rumah. 

Tidak hanya anak didik yang harus beradaptasi tapi juga orang khususnya bagi anak yang masih belum bisa mandiri belajar atau masih perlu pendampingan orang tua saat belajar.

Masih segar di ingatan saya pertengahan tahun 2020 adalah tahun di mana anak saya, Fitry baru duduk di kelas 2 SDIT. Ia sedang semangatnya belajar dan kemudian harus belajar di rumah secara online. Jujur saya sebagai orang tua yang mendampinginya awalnya masih sulit beradaptasi.

Bagaimana tidak, karena saya harus meluangkan waktu agar bisa mendampingi anak setiap belajar malam. Apalagi sekolah anak saya mempunyai mata pelajaran yang lebih banyak dari sekolah negeri. Apalagi sebagai orang tua yang masih bekerja di masa pandemi membuat energy saya terkuras habis dari pagi hingga malam.

Sistem belajar awalnya cuma menggunakan materi-materi yang dikirim via grup whatsapp kelas. Kemudian siswa diminta mengerjakan tugas baik melalui tulisan di buku maupun video. 

Namun seiring waktu, metode belajar online juga menggunakan modul online berbentuk bahan ajar berupa video guru yang sedang mengajar atau memberikan materi. Tugas juga dikerjakan melalui google form.

Selain itu makin dimantapkan dengan belajar online dengan menggunakan aplikasi zoom. Setiap siswa wajib mengikuti materi yang disampaikan guru dan harus berinteraksi layaknya di kelas. Dalam proses belajar online ini seiring waktu saya dan Fitry sudah menikmati layaknya belajar offline.

Apalagi dalam proses belajar online di rumah berjalan lancar karena internet tak terbatas. Materi yang dikirim oleh guru di grup whatsapp seperti video dan file berbentuk Pdf bisa didownload dengan cepat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun