Mohon tunggu...
Imron Ichwani
Imron Ichwani Mohon Tunggu... PBA UIN Maliki

Arabic Learner

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Memahami Bacaan Teks Arab

10 September 2019   15:16 Diperbarui: 10 September 2019   15:23 0 0 0 Mohon Tunggu...

Abstrak

Dalam memahami bacaan teks yang berbahasa asing tentu saja akan sangat sulit dilakukan jika para pelajar baru memulai di bidang itu, karena bahasa adalah kebiasaan dan lingkungan. Jika seseorang belajar tentang bahasa asing, maka perlulah untuk mencurahkan segala kemampuannnya dalam mempelajarinya. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi dalam pembelajaran bahsa asing adalah kebiasaan, jika lingkungan itu sangat mendukung, maka akan sangat cepat mempengaruhi seseorang untuk bisa berbahasa asing. Pada pembahasan kali kali ini, kita akan belajar bagaimana memahami teks bahasa Arab dengan berbagai metode dan cara.

Permasalahan

  • Bagaimana cara memahami teks bahasa Arab dengan mudah?
  • Bagaimana cara membiasakan membaca teks bahasa Arab dikeseharian?

Memahami teks berbahasa Arab dengan mudah

Seorang pelajar bahasa Arab tentunya akan sangat sering belajar tentang berbagai macam tata bahasa Arab, kosa kata bahasa arab, budaya arab, membaca teks bahasa arab, dan sastra. Maka dari itu lingkungan dan kebiasaan sangatlah penting untuk mendukung suksesnya pembelajaran bahasa Arab. Dalam memahami bacaan teks berbahasa Arab, ada dua cara yaitu, kematangan tentang tata bahasa Arab seperti kata Syaikh Syarifuddin yahya:

Ilmu Nahwu(tata bahasa Arab) adalah pertama yang harus diketahui. Karena tanpa itu suatu kalimat akan tidak bisa dipahami.[1]

Berdasarkan ungkapan diatas, maka tata bahasa Arab sangatlah berperan penting dalam memahami teks berbahasa Arab, maka dari itu kita sering menemui di pondok-pondok pesantren yang menekuni ilmu Nahwu untuk memahami kitab-kitab yang berbahasa Arab, karena mereka mempelajari agama langsung dari sumbernya dan bukan dari terjemahan belaka.

Keterbiasaan membaca teks berbahasa Arab

Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan[2]. Jadi sangatlah mustahil untuk disebut pembaca bila seseorang tidak dapat memahami teks yang ia baca. Dalam memahami teks berbahasa Arab, seseorang perlu memikirkan 2 hal yaitu, tata bahasa dan makna dari teks yang ia baca. Dalam memahami teks bahasa Arab berdasarkan tata bahasa Arab, maka seorang pelajar harus sering mengikuti pembelajaran yang berbasis tata bahasa Arab dan diperlukan seorang memang benar-benar ahli dibidang itu karena, ada yang beranggapan bahwa Sering kali kita jumpai bahwasannya ada beberapa orang yang menganggap bahasa Arab merupakan bahasa yang cukup sulit untuk dikuasi oleh penutur non Arab. Bahkan, penutur asli bahasa Arab pun pernah mengungkapkan bahwasannya mempelajari bahasa Arab membutuhkan keriusan dan waktu yang tidak lama[3]. 

 Dalam menanggapi permasalahan diatas sebenarnya belum  hal yang sulit jika seseorang belum pernah mencoba untuk belajar bahasa Arab. Adapun mengenai pemahaman teks bahasa Arab, maka bisa kita peroleh melalui hafalan kosa kata bahasa Arab ataupun mengikuti pengajian kitab teks berbahasa Arab kepada ahlinya misalkan mengikuti pengajian dipondok pesantren, madrasah dan lain-lain.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x