Mohon tunggu...
Imron Fhatoni
Imron Fhatoni Mohon Tunggu... Administrasi - Belajar selamanya.

Warga negara biasa!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tan Malaka yang Selalu Abadi

2 Januari 2018   01:10 Diperbarui: 3 Januari 2018   03:41 784
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Beberapa waktu lalu, saya jalan-jalan ke sebuah toko buku. Di satu rak, saya menyaksikan Madilog masuk dalam daftar 100 buku yang berpengaruh dan berkontribusi terhadap gagasan kebangsaan versi majalah Tempo.

Sampai kapanpun, buki ini memang selalu keren. Seorang senior yang juga alumni UNHAS pernah mengirimkannya dalam format pdf beberapa tahun lalu. Saat itu saya agak kesulitan membacanya sebab huruf-hurufnya sangat kecil, tidak jelas. Saya juga pernah berniat mencetaknya namun selalu kandas karena katong tak selalu mengizinkan.

Buku ini begitu fenomenal meski ditulis dalam segala keterbatasan. Saya membawanya kemana-mana, membacanya berulang-ulang. Memang tak mudah memahami setiap buku bertemakan filsafat. Perlu waktu  lama untuk mencerna isinya dengan baik.

Dulu, Madilog pernah dilarang beredar. Bahkan ketika pemikiran penulisnya dibedah di suatu kota, banyak massa dari salah satu organisasi datang menyerbu. Mereka melarang diskusi pemikiran digelar. Mereka memaki-maki, lalu menyebut si penulis adalah komunis yang tak layak dikenang. Mungkin mereka kurang piknik. Entahlah.

Di kanal-kanal media, banyak pula yang sering mendebat pemikirannya. Tan disebut-sebut sebagai antek komunis. Bukunya tak layak dibaca. Pemikirannya dianggap sesat sebab mengikuti ajaran Marx. 

Padahal saya tetap yakin bahwa mereka yang senang berdebat itu adalah korban ketidaktahuan. Mereka hanya mampu mendebat, tanpa mampu menghasilkan karya. Mereka tidak mampu menghasilkan buku untuk menyanggah gagas Tan Malaka.

Mereka tidak tahu bahwa pada satu masa, nama Tan Malaka hendak dihilangkan dalam lipatan sejarah. Pemikirannya dilarang beredar sebab dianggap bertentangan dengan rezim. Bahkan sampai saat ini, saya tetap yakin bahwa masih banyak generasi muda yang sama sekali tak mengenalnya. Apalagi membaca karya-karyanya.

Namun kita tidak harus menyalahkan mereka. Sikap buta sejarah itu jelas dipengaruhi sejumlah patahan realitas sosial yang kemudian memberikan kontribusi pada ketidaktahuan atas siapa-siapa yang menjadi pendiri republik ini.

Kini, Madilog bertengger di rak buku saya bersama yang lain. Saya selalu senang membacanya. Saya membawanya kemana-mana. Saya menikmati jengkal demi jengkal petualangan revolusioner itu di lembar-lembar awal. Membicarakannya adalah membicarakan benih awal tentang Indonesia.

Kalaupun belakangan tokoh yang menonjol adalah Soekarno, Hatta, dan Sjahrir, maka tetap saja tidak mengecilkan peran Tan Malaka sebagai bapak republik, yang pada setiap kalimatnya terdapat pedang yang hendak merobek-robek jantung kolonialisme.

Di mata saya, Tan adalah seorang filosof yang hadir di tengah amuk peperangan. Banyak tokoh besar di luar sana yang juga terkagum-kagum serta begitu menghormati jasa-jasanya. Muhammad Yamin menyebutnya Bapak Republik Indonesia yang dipersamakan dengan George Washington di Amerika atau Rizal di Filipina.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun