Mohon tunggu...
Imran Chaz
Imran Chaz Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK

Menulis untuk berbagi ilmu

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Model Pembelajaran Problem Based Learning

13 November 2022   15:12 Diperbarui: 13 November 2022   15:22 253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi

Berangkat dari Undang-undang no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 10 ayat 1 menyatakan bahwa ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu : Kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.  

Guru dituntut agar menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan maka hal tersebut dapat ditempuh dengan berbagai cara salah satu membuat strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi. 

Usahakan guru yang profesioanal itu pasti tahu apa yang harus dilakukan dalam kelas agar menciptakan suasana yang kondusif dan pesan serta tujuan pembelajran dapat tercapai.

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi
Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi

Salah satu model pembelajaran yang bisa diguanakan oleh para guru adalah dengan menggunakan Problem Based Learning. Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran abad 21 dimana peserta didik diharapkan aktif dan berpikiri kritis dalam memecahkan suatu masalah. 

Permasalahan yang diberikan kepada peserta didik tergantung pada seberapa kompleks alurnya. Sama halnya dengan model pembelajran ini, keberhasilan suatu proses pembelajran tergantung pada keaktifan peserta didik itu sendiri. 

Maka dari itu, guru berperan banyak dalam  membuat peserta didik aktif, selebihnya biarkan peserta didik tersebut mencari solusi dari permasalahan yang dibuat pada pendahuluan. Semakin aktif para peserta didik dalam memanfaatkan berpikir kritisnya maka peluang untuk memecahan masalah yang disepakati bersama guru berpeluang besar untuk dipecahkan.

Semua model pembelajaran memiiliki tujuan sesuai kondisi dan karakteristik peserta didik yang dihadapi, namun jangan tinggalkan juga faktor utamanya adalah apakah sesuai dengan materi yang diajarkan atau tidak. Kareana tidak semua materi dapat di Problem Based Learningkan.  Tujuan model pembelajran Problem Based Learning adalah

1. Meningkatkan berpikir kritis peserta didik

2. Dapat menyelesaikan suatu permasalahan secara sistematis 

3. Dapat memahami permasalahan yang dihadapi orang dewasa pada kehidupan nyata

4. Melatih peserta didik agar mampu mandiri dan bertanggung jawab

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun