Mohon tunggu...
Imran Chaz
Imran Chaz Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK

Menulis untuk berbagi ilmu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Guru yang Diidamkan Peserta Didik

5 November 2022   10:16 Diperbarui: 5 November 2022   11:05 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Guru merupakan orang tua kedua yang mendidik peserta didik di dalam pembentukan ranah kognitif dan pendidikan karakter. Menjadi guru memang tidak mudah, ada proses yang panjang yang mesti dilalui oleh calon guru. Guru merupakan salah satu profesi panggilan jiwa, seseorang yang sudah membulatkan tekadnya ingin menjadi seorang guru harus tahu benar-benar tugas dan fungsi guru, tidak hanya datang ke sekolah untuk menggugurkan kewajiban bahkan ada oknum guru yang hanya tergiur dengan tunjangan yang diberikan oleh pemerintah namun enggan untuk mengupdate skill mengajarnya. Guru semacam ini menggunakan metode mengajar konvensional, seperti menyuruh peserta didik untuk mencatat buku tidak dibarengi dengan penjelasan dari guru tersebut. Kemungkinan besar pengetahuan guru tentang materi yang diajarkan itu tidak ada, artinya guru tersebut tidak mengusai materi yang akan diajarakan oleh peserta didik.

Kita tidak pernah berkaca kepada negara-negara maju yang mempunyai kualitas sistem pendidikan nomor satu di dunia. Salah satunya adalah negara Finlandia yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Namun, baru-baru ini dilansir dari beberapa sumber yang menjadi sistem pendidikan terbaik di dunia adalah Amerika Serikat.

Apabila guru di Indonesia sudah mampu dan mengadopsi sistem pengajaran yang diterapkan oleh negara-negara maju tersebut, yakin bahwa Indonesai beberapa tahun ke depan dalam bidang pendidikan sudah maju. Kita boleh saja tertinggal oleh negara-negara lain tetapi jangan jangan jalan ditempat. Indonesia harus berbenah diri khususnya di bidang Pendidikan.

Salah satu cara untuk berbenah adalah menjadikan guru-guru Indonesia di idamkan oleh peserta didiknya sendiri. Kehadiran gurunya adalah sebuah penghibur lara dan kesenangan tersendiri. Guru semacam ini dapat mengemas materi pelajaran dalam berbagai metode dan model sehingga membuat peserta didik betah berlama-lama di dalam kelas. Mampu mengusai suasana kelas dan membuat proses pembelajaran yang menyenangkan

Berikut ciri-ciri guru yang diidamkan oleh peserta didik

1. Menyenangkan

Guru yang menyenangkan tidak harus bertingkah konyol selama proses pembelajaran hanya untuk membuat peserta didik terhibur dan tertawa melalui tingkah laku kita, karena hal terseut bisa saja menggeser esensi dari profesi yang kita lakoni. Kita pendidik bukan pelawak.

2. Kreatif

Dalam mengemas materi pembelajaran usahakan buat media yang berbeda-beda tiap pertemuan agar peserta tidak bosan dalam menerima pelajaran. Apabila guru semacam ini sudah memiliki basic IT maka lebih mudah untuk membuat media pembelajran yang inovatif.

3. Inovatif

Guru yang memiliki sifat inovatif akan berbeda dengan guru-guru yang lain. Mempunyai segudang ide yang terus update mengikuti perkembangan zaman. Tidak tergilas oleh kejamnya teknologi dan mampu memfilter dampak negatif dari teknologi itu. Selalu berupaya membuat media-media pembelajaran yang disesuaikan kebutuhan peserta didik dan kedalaman materi yang akan diajarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun