Mohon tunggu...
Imran Chaz
Imran Chaz Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK

Menulis untuk berbagi ilmu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hal yang Harus Dihindari oleh Guru

4 November 2022   15:57 Diperbarui: 4 November 2022   16:02 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru adalah role model yang dijadikan oleh peserta didik, segala tindak tanduk guru baik yang dilakukan di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah itu dijadikan panutan oleh sebagian peserta didik bahkan semua peserta didiknya, baik yang peserta didik yang dia ajar maupun tidak. Karena faktor kharisma yang dimiliki oleh guru tersebut.

Untuk menjadi guru yang digugu dan ditiru itu memang tidak mudah tetapi bukan juga hal yang mustahil. Semua bisa dilakukan asalkan berperilaku baik dengan peserta didik. Bisa merasakan apa yang dirasakan oleh peserta didik, singkatnya bisa berempati kepada semua peserta didik untuk mengambil hati peserta didiknya.

Namun, seorang guru juga harus memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukannya. Nah.. apa saja hal yang harus dihindari oleh guru.

Guru yang terlalu banyak bicara

Tidak dipungkiri memang metode ceramah itu tidak bisa lepas dari proses pembelajaran. Namun sepanjang proses pembelajaran hanya menerapkan metode ceramah saja itu juga hal yang salah. Karena zaman sekarang kita sudah memasuki istilah yang namanya Center Learning Student (CTL). 

Biarkan peserta didik yang mengorganisasi dan mengolah pengetahuannya sendiri. Guru hanya berperan sebagai fasilitator, motivator dan pendamping apabila terjadi masalah di dalam kelas. 

Namun intinya kelas itu pada saat proses pembelajaran diberikan kepada peserta didik seutuhnya agar dapat mandiri dan memecahkan masalah yang dihadapi, kemudian dapat berpikir kritis dan mampu bekerja sama dengan komunikasi yang baik.

Guru yang selalu duduk dan diam

Masih banyak guru di sekolah yang malas atau enggan menghampiri peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Guru tersebut hanya duduk di tempatnya dan memberikan arahan serta menegur dari tempatnya saja. Tidak mau berjalan menghampiri peserta didik bahkan enggan untuk memantau proses pencarian informasi yang dilakukan oleh peserta didik saat berdiskusi. 

Banyak yang beralasan bahwa sudah tidak mampu berjalan dan berkeliling di dalam kelas karena faktor usia. Sebenarnya pada kasus ini sah sah saja namun sangat disayangkan apabila semua kesempatan atau waktu mengajar dalam beberapa minggu pertemuan hanya duduk saja di kursinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun