Mohon tunggu...
Mega Widyastuti
Mega Widyastuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Mahasiswi jurusan Psikologi. Hobi membaca dan menulis. Genre favorit self improvement dan psikologi. instagram dan youtube @immegaw

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Jangan Asal Perawatan! Berikut Beberapa Tips Sebelum Memilih Perawatan Kulit

22 November 2022   17:08 Diperbarui: 22 November 2022   18:40 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Sosok Istri Presiden Korea Selatan, Kim Keon Hee menjadi sorotan publik karena kecantikan wajahnya. Hal yang mengejutkan publik adalah fakta bahwa usianya ternyata sudah menginjak 50 tahun. WOW!

Jika kita membahas tentang rahasia cantik dan awet muda, sebenarnya setiap orang memiliki cara yang berbeda, cara tersebut tidak menghasilkan hasil yang sama pada orang yang berbeda. Saat kita hendak melakukan perawatan, ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang kondisi tubuh kita agar perawatan yang kita lakukan tidak sia-sia. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih perawatan, yaitu :

  • Tipe kulit. 

Tipe kulit dapat dibagi menjadi 5, yaitu normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif. Kita harus mengenal tipe kulit kita terlebih dahulu. Jangan sampai kita memiliki tipe kulit kering, namun malah menerapkan perawatan untuk tipe kulit sensitif.

  • Lingkungan hidup

Perawatan dan perlindungan kulit juga harus disesuaikan dengan kondisinya. Misalnya, orang yang menghabiskan waktu lebih lama diruangan tertutup tidak membutuhkan sun block dalam kesehariannya, sedangkan orang yang menghabiskan lebih banyak waktu diluar ruangan justru memiliki kebutuhan sun block untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

  • Riwayat keluarga

Perhatikan riwayat kuliat keluargamu, karena beberapa orang memiliki masalah kulit karena faktor gen dari keluarga. Misalnya keluargamu memiliki kecenderungan kulit berminyak dan berjerawat, maka kamu harus mengantisipasi masalah tersebut dengan menerapkan perawatan untuk kulit berminyak dan berjerawat.

  • Ada atau tidaknya alergi

Sebelum menerapkan suatu perawatan, pastikan kamu tidak memiliki alergi pada suatu bahan tertentu. Karena setiap produk memiliki komposisi bahan yang berbeda-beda meskipun untuk perawatan jenis kulit yang sama.

Setelah kamu memastikan ke-empat hal diatas. Konsistenlah pada perawatan yang sudah diterapkan pada kulitmu. Jangan mudah tergiur dengan produk baru yang menjanjikan hal yang belum pasti. Karena khawatirnya, jika kamu tidak konsisten dengan perawatan kulitmu, lambat laun kulitmu akan mengalami masalah dan berangsur menjadi sensitif. 

Semoga tulisan ini bermanfaat

Sekian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun