Mohon tunggu...
Mega Widyastuti
Mega Widyastuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Mahasiswi jurusan Psikologi. Hobi membaca dan menulis. Genre favorit self improvement dan psikologi. instagram dan youtube @immegaw

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Tanda Kesehatan Mental Tidak Sedang Baik-Baik Saja

22 November 2022   00:01 Diperbarui: 22 November 2022   00:14 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pernah gak si kamu merasa sakit seperti sakit perut, sakit dada, sakit kepala berlebih, mual, namun ketika diperiksa kedokter ternyata tubuhmu baik-baik saja? Jika pernah, bisa jadi sebenarnya sumber penyakit itu bukan karena kamu sakit beneran loh, melainkan efek dari kesehatan mentalmu yang memburuk. Berikut beberapa tanda kalo kesehatan mentalmu sedang tidak baik baik saja:

  • Merasa cemas berlebih, cemas merupakan hal yang manusiawi, JIKA sesuai dengan kadarnya. Jika kamu merasa cemas yang berlebih jangan dianggap enteng ya, segera cari tau penyebabnya agar tidak mengganggu rutinitasmu sehari-hari.

  • Menarik diri, hal ini berbeda konteks dengan introver. Kamu menarik diri karena merasa ada yang tidak beres, kamu menarik diri karena tidak nyaman dengan lingkungan. Menarik diri merupakan salah satu tanda kalo kamu enggan untuk menghadapi masalah.

  • Jenuh dengan kehidupan, siklus hidup memang itu itu saja. Jika kamu merasa jenuh hal tersebut sangat manusiawi. Oleh karena itu, sesekali carilah suasana baru untuk merefresh hidup.

  • Perubahan nafsu makan dan pola tidur, setiap orang memiliki frekuensi makan yang berbeda setiap hari. ada yang sehari sekali, ada yang tiga kali. Jika pola makanmu berubah drastis dari kebiasaanmu sehari-hari dalam kurun waktu yang lama, itu merupakan indikator kalo kesehatan mentalmu sedang tidak baik-baik saja. Begitupun dengan pola tidurmu, jika kamu menjadi tidur lebih lama atau lebih sedikit dari biasanya dalam kurun waktu yang sama, kamu harus segera aware dan mencari penyebab dan berupaya untuk menyelesaikannya.

  • Sedih, marah, dan taada rasa berkepanjangan, sebenarnya perasaan ini sangat manusiawi. Namun, dalam kadar yang sangat sedikit atau berlebihan dapat menjadi indikator ada yang tidak beres dalam hidupmu.

  • Merasa tidak berguna, Ketika semua orang pergi dan keberadaanmu mulai diabaikan. Percayalah, mereka tidak benar-benar pergi dan mengabaikanmu. Hanya saja, kamu sedang berada difase kejenuhan mendalam dan down dalam hidup.

Sobat, jika kamu merasakan tanda-tanda tersebut, segeralah cari tahu sumber penyebabnya. Motivasilah dirimu untuk bangkit dan menghadapi persoalan yang ada. 

Jangan menyerah dengan keadaan. Karena nyatanya kita memang dilahirkan sebagai serang petarung hidup. Istirahat boleh, tapi tentukan waktunya. Jangan berlarut dalam kesedihan dan menyerah dengan kesehatan mental yang menurun. Hidup memang berat jika diterka-terka, maka, hadapilah.

Semangat ya!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun