Mohon tunggu...
Imla Qolbi
Imla Qolbi Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Membaca adalah caraku melihat dunia. Rumah lain di dunia maya ada di https://www.imlaqolbi.my.id/

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Indari Mastuti: yang Harus Disiapkan untuk Jualan Online

18 Agustus 2022   08:00 Diperbarui: 18 Agustus 2022   07:59 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: idxchannel.com

Jualan online atau bisnis online merupakan salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan penghasilan. Di zaman milenial ketika teknologi semakin canggih, jualan online menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan. Tidak perlu mempunyai gelar sarjana untuk jualan online sehingga ibu rumah tangga yang setiap hari hanya di rumah pun bisa terjun dalam bisnis ini.

Indari Mastuti adalah salah satu contoh ibu rumah tangga yang sukses dalam bisnis online. Sudah berjuang selama belasan tahun di dunia bisnis online dengan mendirikan Indscript Creative, kini dia sudah mempunyai banyak karyawan yang semuanya adalah perempuan, dan semua bisnisnya dijalankan secara online.

Namun, Indari Mastuti tidak mendapatkan kesuksesannya dengan cuma-cuma. Ada proses pembelajaran yang panjang untuk bisa terus berkembang di dunia digital. Lalu, apa yang harus dipersiakan untuk mulai jualan online atau berbisnis online? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mindset yang Positif

Pada dasarnya jualan online dapat dilakukan oleh siapapun. Selain merupakan pekerjaan yang mudah dilakukan, jualan online adalah pekerjaan yang paling cocok untuk ibu rumah tangga karena bisa dilakukan di rumah sambil mengerjakan yang lainnya. Namun, banyak orang yang menilai bahwa dirinya tidak berbakat dalam berdagang. Inilah mindset yang harus dirubah.

Jualan online bukanlah urusan bakat. Jualan online bisa dipelajari sambil jalan. Namun, banyak orang yang sudah pesimis dahulu karena merasa bahwa dia tidak punya bakat, merasa malu untuk menawarkan barang, atau malas untuk belajar digital. 

Ketika awal mula memutuskan untuk berbisnis online, Indari Mastuti juga bukan orang yang pandai di dunia digital. Akan tetapi, dia selalu mencari ilmunya sehingga terus bertahan hingga belasan tahun kemudian.

Jadi, tanamkanlah mindset yang positif sebelum mulai jualan online. Percayalah bahwa orang yang tidak punya bakat sekalipun bisa melakukannya asalkan tekun mencari ilmu dan tidak ragu untuk action.

2. Memilih Produk untuk Dijual

Tentukan produk apa yang akan dijual. Pastikan produk tersebut adalah sesuatu yang betul-betul dipahami. Seperti Indari Mastuti yang menyukai dunia penulisan, maka produk yang dia jual adalah buku dan jasa penulisan. Hal ini akan memudahkan penjual untuk menjelaskan dan menawarkan barang atau jasanya.

Bagaimana jika tidak punya modal? Sekarang jualan online bisa dilakukan tanpa modal, seperti menjadi penggerak Sekolah Perempuan Indscript Creative. 

Di Sekolah Perempuan, penggerak dapat memilih menjual produk Indscript Creative yang berupa buku atau kelas training online. Akan ada fee yang diberikan setiap kali closing. Sudah disediakan konten media sosial untuk jualan, dan penggerak Sekolah Perempuan  tinggal posting di media sosial.

3. Membuat Brand Online Shop

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun