Mohon tunggu...
Imelia Karti
Imelia Karti Mohon Tunggu... Student

Life is an Adventure

Selanjutnya

Tutup

Media

Peran Media Sosial dalam Kehidupan

2 Mei 2021   10:22 Diperbarui: 2 Mei 2021   13:37 55 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Media Sosial dalam Kehidupan
Sumber: beritasatu.com

Pada zaman sekarang ini dikenal dengan era modern, di mana suatu hal atau kegiatan apapun sudah menggunakan teknologi digital. Teknologi semakin lama semakin canggih membawa dampak yang besar bagi berbagai macam aspek. Khususnya pada Teknologi Informasi dan Komunikasi. Perubahan yang sangat signifikan terletak pada aspek komunikasi. Komunikasi zaman dahulu sangat berbeda dengan sekarang.

Dulu ketika sekedar mau menanyakan kabar saja harus menjumpai proses yang tidak gampang dan harus menunggu waktu yang cukup lama untuk mengetahui informasi tersebut. Hal ini bertolak belakang dengan zaman sekarang. Jangankan hanya menanyakan kabar, sekarang ini kegiatan atau aktivitas bisa dilakukan secara digital melalui sebuah alat yang berukuran tidak begitu besar, namun memberikan manfaat yang banyak, yaitu smartphone.

Perkembangan smarthphone semakin hari semakin canggih. Dahulu bernama handphone yang masih menggunakan berbasis CLI (Comand Line Intrfaces). Interfaces yang diberikan dari handphone masih berwarna hitam dan putih, meskipun ada juga yang sudah RGB. Jika dalam kendaraan diibaratkan dengan bahan bakar, maka handphone menggunakan pulsa sebagai bahan bakarnya untuk berkomunikasi dan mencari informasi.

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat. Kecanggihan teknologi yang diterapkan pada handphone menjadikan handphone dikenal dengan sebutan smartphone. Awal mula kemunculan smartphone pada tahun 2003 dengan menggunakan sistem operasi android yang didirikan oleh Andy Rubin dan beberapa kawannya. Pada saat itu android masih dengan versi Astro (Alpha), saat ini sudah menggunakan android versi 10.

Jika diperhatikan, penamaan sistem operasi android ini dapat dibilang unik, karena setiap huruf pertama pada awal katanya diurutkan sesuai dengan abjad. Selain itu, juga menggunakan nama-nama makanan. Sedangkan sistem operasi IOS muncul pada tahun 2007 diperkenalkan oleh Steve Jobs. perkembangan IOS sampai sekarang sudah memasuki IOS versi 14. Masyarakat pada umumnya lebih familiar menggunakan sistem operasi berbasis android. Sementara itu, IOS digunakan oleh masyarakat menengah ke atas.

Sampai pada saat ini smartphone terus mengalami perkembangan pada sistemnya. Smartphone dilengkapi dengan berbagai aplikasi. Aplikasi tersebut meliputi media sosial, games, musik, video, bahkan aplikasi bawaan dari smartphone itu sendiri. Aplikasi pada smartphone berfungsi sebagai hiburan (musik, video, games). Selain itu juga berfungsi sebagai sarana untuk bekerja seperti mengelola bisnis dan berkomunikasi satu sama lain menggunakan media sosial.

Media sosial adalah suatu perantara antar pengguna yang dijadikan alat untuk melakukan pertukaran pesan antar pengguna. Media sosial tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi maupun mengunggah aktivitas sehari-hari saja. Namun, kini digunkan seagai ladang bisnis oleh masyarakat. Media sosial jumlahnya sangat banyak dan beraneka macam. Contohnya seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter, Youtube, Tiktok dan lain sebagainya.

Facebook pertama kali diperkenalkan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 kehadiran Facebook ini merupakan awal mula maraknya penggunaan media sosial yang penggunanya semakin hari semakin meningkat. Ketika kita ingin bergabung dengan grup yang anggotanya sangat besar, Facebook inilah solusinya. Facebook bisa menampung ribuan anggota dalam satu grup. Biasanya Facebook digunakan untuk komunitas-komunitas besar dalam satu daerah bahkan sampai antar negara. Terkadang antar pengguna dalam satu grup saja tidak saling kenal.

Fitur yang disediakan Facebook seperti kita bisa memposting unggahan dan juga membuat story. Fitur chatting atau message digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna dalam satu jaringan Facebook. Kelebihan dari Facebook adalah siapapun bisa mengaksesnya karena penggunaannya mudah dan tergolong tidak banyak menguras paket data. Hal ini menyebabkan para pengguna Facebook masih mengaksesnya sampai sekarang.

Dua tahun selanjutnya hadir media sosial Twitter. Sama halnya dengan media sosial lain, Twitter juga sebagai sumber informasi dari berbagai pihak di seluruh dunia. Beberapa tahun bekangan, Twitter sempat mengalami down. Namun, kini berkembang kembali dan mulai ramai lagi. Twitter dapat menampilkan pesan yang sedang trending saat ini dengan hastag teratas. Terkadang Twitter digunakan sebagai tempat curhat generasi milenial dengan kalimat-kalimat yang lucu.

Siapa yang tak kenal dengan Instagram? Siapa yang tidak memilikinya? Pasti semua orang sudah mengetahui. Instagram  merupakan media sosial yang kini tengah meroket di seluruh negara. Instagram didirikan oleh Kevin Systrom. Awal mula Instagram diperkenalkan tahun 2010. Waktu tidak berselang lama, penggunanya meningkat secara drastis. Di sisi lain, kemudian Instagram diakuisisi oleh Facebook dengan nilai US$ 1 miliar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x