Mohon tunggu...
Imelda Tangel
Imelda Tangel Mohon Tunggu... Pemuka Agama - IMANUEL

Pelayan Tangan-Tangan Mungil

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menjangkau Tangan-tangan Mungil Lewat Misi Pelayanan Anak

29 November 2021   20:00 Diperbarui: 29 November 2021   20:07 148 9 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

“ Biarkanlah anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya kerajaan Allah “ ( Markus 10:14 )

Masa kanak-kanak adalah suatu Masa yang dilewati dalam fase kehidupan manusia, dan jika telah dilewati masa itu tidak dapat diulang kembali. Di dalam masa ini anak mengenal tentang segala sesuatu yang ada di sekelilingnya, anak belajar mengisi hidupnya dengan hal-hal yang dilihat dan dirasakan,seperti apa yang dapat dilkukan dengan tangan mungilnya dan dijalani dengan Langkah kecilnya. 

Di masa-masa inilah akan menjadi penentu bagi anak pada waktu yang akan datang, saat anak beranjak dewasa mengarah kepada kehidupan yang baik atau pada kehidupan sebaliknya yaitu kehidupan yang buruk.

Anak-anak adalah pribadi yang sangat berharga dimata Tuhan, kehadiran anak-anak didalam dunia ini merupakan rancangan Allah ( Yeremia 1:5 ) . itulah sebabnya perkataan Yesus dalam ayat pendahuluan memiliki makna yang sangat dalam yaitu Kasih-Nya yang sangat besar bagi anak-anak. Merekapun perlu memperoleh hak yang sama dalam memperoleh Kasih dan anugerah kehidupan,

Memahami misi Kristus bagi dunia yakni menjangkau semua bangsa untuk menjadi murid Kristus, Matius 28:19-20 “ karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang yang telah ku perintahkan kepadamu. Dan ketahuilah Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman “. Dan juga dikatakan dalam Markus 16:15, “…pergilah keseluruh dunia,beritakan Injil kepada segala mahluk….” Hal ini menunjukan bahwa Injil harus diberitakan kepada semua orang, baik dimulai dari anak-anak sampai kepada orang tua dari berbagai ras dan golongan. Anak-anak merupakan bagian dari misi Allah bagi dunia, mereka generasi masa depan bagi keberlangsungan kehidupan manusia.

Bagi orang dewasa pemahaman penyampaian suatu berita atau kabar merupakan hal yang mudah untuk dimengerti, tetapi pola berbeda saat suatu kabar atau berita di sampaikan pada seorang anak. 

Akan hal ini perlu cara atau metode yang berbeda. Karena setiap fase pertumbuhan dan perkembangan anak, memiliki pemahaman yang berbeda-beda sesuai dengan tahapan usia anak. Akan hal ini memerlukan panggilan khusus bagi mereka yang mau melaksanakan Misi Kristus untuk melayani, menjangkau tangan-tangan mungil bagi Kristus.

Gereja adalah sarana diperlengkapinya orang-orang yang telah percaya untuk melaksanakan misi Kristus. Gereja yang hidup adalah gereja yang bermisi, Gereja yang menghidupi tanggung jawabnya dengan menghadirkan dirinya secara benar, sedang menandakan kesadaran diri, bahwa kehadirannya adalah demi memberkati dunia, yang pada akhirnya membawa pujian dan hormat bagi Tuhan Allah ( Roma 11:38). 

Akan hal ini gereja memiliki hubungan yang erat dalam pelayanan kepada anak-anak. Gereja memiliki peranan yang penting dalam pelayanan anak. 

Sebagaimana hati Kristus yang sangat mengasihi anak-anak dan mau memberkati mereka, Gereja perlu memperlengkapi pelayanan kepada anak-anak.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan