Mohon tunggu...
Imanuel  Tri
Imanuel Tri Mohon Tunggu... Guru - Membaca, merenungi, dan menghidupi dalam laku diri

di udara hanya angin yang tak berjejak kata. im.trisuyoto@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Penulis Harus Tahu Perbedaan Cerita Anak dengan Cerita tentang Anak

25 Juni 2020   17:28 Diperbarui: 26 Juni 2020   08:06 653
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekalipun sudah kakek-kakek, tetapi kesukaan saya membaca Cerita Anak (Cernak) tidak juga surut. Hal itu mungkin disebabkan karena saya selalu  mengkonsumsi Cernak sejak masih di bangku sekolah dasar. Jadi, Cernak rupanya sudah mendarah daging dalam tubuh saya.  

Namun, belakangan ini saya sering kecewa karena tulisan berlabel Cerita Anak yang kubaca ternyata bukan Cernak. Saya benar-benar merasa terkecoh karena labelnya itu!

Kekecewaan atas tulisan yang mengecoh itu semula kuanggap sebagai sebuah kelalaian penulis cerita atau keteledoran penyunting tulisan. Atau bisa jadi malah kesalahan saya sendiri karena sudah kakek-kakek tetapi berjiwa kekanak-kanakan.

Namun, ada peristiwa yang membuktikan bahwa saya benar!

Begini,

Sore sepekan yang lalu, saya kedatangan cucu. Seperti biasa, cucuku kalau datang langsung mengorak-arik koleksi Cernak di lemari koleksiku.

Agar, tidak mengecewakan cucu dan demi tidak terjadi kesemrawutan buku dan majalah terlempar berserakan, maka aku rela turun melantai mengikutinya.

Setelah beberapa saat memilih bacaan, cucuku itu duduk diam. Dia membaca! Cie, saya senang bukan kepalang.

Namun, baru beberapa saat, cucuku bertanya,  "Kung, Kancil gundah gulana maksude piye (gimana)?"

Aku berjuang menjelaskan pelan-pelan. Tetapi belum lagi selesai aku memberikan penjelasan, cucuku sudah bertanya lagi.

"Ini atinya apa to, Kung?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun