Mohon tunggu...
Imansyah Rukka
Imansyah Rukka Mohon Tunggu... Kemuliaan Hidup bukan hanya sekedar rutinitas namun bagaimana bisa mermanfaat bagi umat manusia dan alam semesta

Ketua DPD PPWI Sulsel (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) Sulawesi Selatan -- Jurnalis Koran Sergap , (sergapreborn.id), Harian Siber (hariansiber.com).

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mengintip Dapur Umum Kodam XIV/Hsn Pasok Ribuan Nasi Kotak Sahur dan Berbuka Puasa Untuk Warga Terdampak Covid-19.

30 April 2020   14:50 Diperbarui: 1 Mei 2020   08:35 159 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Dapur Umum Kodam XIV/Hsn Pasok Ribuan Nasi Kotak  Sahur dan Berbuka Puasa Untuk Warga Terdampak Covid-19.
Personil Bekang Dam XIV/Hsn di posko dapur umum Koramil 1408-11/Bky, memproses masakan  untuk menu makan sahur warga, Rabu (29/04/2020)

Pagi itu jarum jam masih menunjukkan pukul 06.00. Tapi sang fajar pagi dari ufuk timur  sudah mulai terlihat di Markas Koramil 1408 11 korBky, Jalan Perintis Kemerdekaan Kel. Daya, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar , Rabu (29/04/2020).

Hiruk pikuk dan suara para personel dari satuan Perbekalan dan Angkutan Kodam Hasanuddin bergegas tanda memulai aktifitasnya mempersipkan segala peralatan alat dapur.Meski bulan ini adalah bulan ramdhan, suara para personil TNI dari Kodam Hasanuddin yang ditugaskan bersahutan terdengar sampai di pelataran halaman Koramil 1408-11/Bky, Bagaimanapun harum bau bumbu masakan yang baru diseduh,  menguar terbawa angin. Sejenak kemudian denting peralatan dapur terdengar menambah riuh suasana pagi itu.

Ya, inilah tanda-tanda dimulainya kesibukan para anggota TNI AD dari kesatuan perbekalan dan angkutan Kodam XIV/Hasanuddin yang ditugaskan mengelola dapur umum Kodam Hasanuddin. Dibawah komando langsung Pangdam XIV/Hsn dapur umum ini sengaja didirikan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan makanan bagi masyarakat yang kesulitan ekonomi dan terdampak Covid-19.

Personil Bekang Dam XIV/Hsn di posko dapur umum Koramil 1408-11/Bky, menyiapkan menu hidangan nasi kotak sahur buat warga, Rabu (29/04/2020)
Personil Bekang Dam XIV/Hsn di posko dapur umum Koramil 1408-11/Bky, menyiapkan menu hidangan nasi kotak sahur buat warga, Rabu (29/04/2020)
Aktifitas operasi dimulai sejak jam 07.00 pagi, kompor gas di dapur umum Kodam Hasanuddin yang didirikan di Makoramil 1408-11/Bky ini terus menyala sampai jam 14.00 siang. Di bawah tenda hijau, sejumlah anggota TNI AD dari Bekang Dam Hasanuddin, berkutat dengan kesibukan masing-masing.Ada yang merajang kacang panjang dan kubis. Mencuci dan memotong-motong ayam dan tempe. Merebus telur ayam. Ada yang mencuci beras, dan menanak menjadi nasi. Tentu tidak kalah penting adalah petugas yang mengolah bumbu.

Bila proses persiapan ini sudah rampung, maka segera disusul dengan langkah selanjutnya. Yakni mencampur dan mengolah bumbu dan bahan masakan lainnya menjadi menu siap santap: tumis kacang, ayam kecap atau ayam krispi dan menu lainnya.

Tim dapur umum Kodam Hasanuddin inilah bekerja secara kompak dan serentak mulai koki, merajang, memasak nasi, dan  mengemas. Setelah tiga tim pertama tancap gas, peran tim terakhir tidak kalah penting. Setelah masalah siap tersaji, segera panci-panci besar bergeser ke ruang utama (aula) gedung konvensi. Di dalam ruangan ini, sudah siap kotak-kotak nasi berjumlah ribuan yang tertata rapi.

Dan Denhar Jasa Int, Letkol Cba Zainuddin Indra Prayoga (kanan) bersama perwira pelaksana Lettu Cba Irawan Sundoro (kanan)
Dan Denhar Jasa Int, Letkol Cba Zainuddin Indra Prayoga (kanan) bersama perwira pelaksana Lettu Cba Irawan Sundoro (kanan)
Ribuan kotak  yang masih berbentuk lembaran dan terbungkus plastik, tertumpuk di diatas meja, siap dibongkar dan direkatkan menjadi kotak. Di bawah tenda kompi ini, sudah bersiap beberapa personel Bekang Dam XIV/ Hasanuddin. 

Di bawah tim yang terlatih, dengan cekatan nasi, ayam, sayur, telor rebus, tempe, tahu dan buah (biasanya pisang), segera menyatu dalam kotak nasi.Untuk menu buka puasa, hidangan yang disiapkan antara lain nasi, ayam, telor dan tahu dilengkapo dengan buah pisang serta air mineral.

Kotak nasi yang sudah berisi, mulai dirangkai dalam kantong-kantong plastik. Para personil Babinsa  yang dibantu mitranya yakni personil Banteng Komando (BK) Trisula siap menerima kantongan plastik berisi nasi kotak yang sudah di jejer rapi diatas meja. Serah terima nasi kotak pun terjadi antara penanggung jawab kepada penerima sesuai data yang ada. Dalam hitungan menit,  kantongan-kantongan plastik berukuran besar berisi kotak nasi siap diantarkan ke warga binaan di wilayah.

Dapur Umum Kodam Hasanuddin, khusus di wilayah Koramil 1408 11 Bky memiliki kapasitas produksi 2000 perhari, yakni 1000 kotak untuk sesi makan sahur dan 1000 kotaknya lagi untuk sesi berbuka puasa (nasi kotak dan menu buka puasa). Yang dimulai sejak Jumat, (24/04) dan rencananya akan berakhir tanggal (07/04/2020).

Dari Makoramil 1408-11/Bky tempat posko  Dapur umum didirikan, nasi kotak tersebut  didistribusikan oleh personil Babinsa ke wmasing-masing wilayah binaan yang membutuhkan dan sasaran warga yang dibeirikam sudah terdaftar di pihak Babinsa. Proses pembagian nasi kotak tersebut diatur sesuai jumlah kebutuhan dengan persediaan.

Nasi kotak hasil dari dapur umum Kodam Hasanuddin siap disalurkan 
Nasi kotak hasil dari dapur umum Kodam Hasanuddin siap disalurkan 
Komandan Detasemen Pemeliharaan Jasa Intendan (Dan Denhar Jasa Int) Bekangdam XIV Hasanuddin, Letkol Cba Zainuddin Indra Prayoga mengatakan, sebelumnya pihaknya terlebih dahulu melakukan perencanaan untuk satu minggu ke depan apa saja yang akan dipersiapkan di dapur umum baik itu bahan, jumlah dan distribusi.

Awalnya sesuai perencanaan dapur umum Kodam Hasanuddin akan menyediakan 700 paket nasi kotak untuk makan sahur dan 700 kotak untuk berbuka setiap hari bagi warga di wilayah Koramil 11/Bky. Kemudian ada  tambahan menjadi 2000 nasi kotak perhari yakni 1000 kotak untuk sahur dan 1000 lotak untuk berbuka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x