Mohon tunggu...
SERIKAT PERS
SERIKAT PERS Mohon Tunggu... Jurnalis - Media Publik Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Sulawesi Selatan

Media Umum SPRI Sulsel

Selanjutnya

Tutup

Makassar

Belasan Remaja Diamankan Tim Koramil 11/BKY Terkait Pelaku Pembusuran yang Sering Meresahkan Warga

25 Januari 2022   10:20 Diperbarui: 25 Januari 2022   10:25 1208 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Belasan remaja dibawah umur diamankan Tim Koramil 11/BKY untuk dilakukan pembinaan agar tidak mengulangi perbuatannya, Minggu (23/01/2022) siang. Dokpri

Sebanyak 16 remaja diamankan Tim Patroli Koramil 11/BKY yang diduga sebagai biang kerok pelaku penyerangan dengan menggunakan anak panah busur yang selama ini sering melakukan aksinya  melepaskan anak panah busur secara serampangan yang berujung jatuhnya korban di beberapa wilayah kelurahan di Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Ada 16 orang kita amankan masing-masing berinisial yakni RAF (14), RM (14), AD (14), BR (15), AS (15), RZ (14), SD (15), AT (14), DF (14), FZ (14), ND (15), ER (13), RJ (15), AR (16), RM (16), AN (15), MS (14), beserta barang bukti yakni anak panah busur 5 buah, ketapel 2 buah, gurindah 1 buah, paku.  Para remaja tersebut rata-rata berstatus sebagai pelajar dari beberapa sekolah di Kota Makassar antara lain ;  SMPN 14, SMPN 16, SMPN 32, SMP Darussalam dan dari MAN 3 yang semuanya tergolong masih di bawah umur. 

Dari pengakuan mereka beberapa diantaranya mengaku sebagai pelaku  penyerangan anak panah busur yang terjadi akhir-akhir ini di kawasan jalan Goa Ria, Kelurahan Bakung," ungkap Danramil 11/BKY Mayor Kav Salahuddin Basir, S.Sos saat dikonfirmasi Jurnalis Kompasiana di Makoramil 11/BKY, Jalan Perintis Kemerdekaan Km 16 Kelurahan Daya, Kota Makassar, Minggu (23/01/2022) siang kemarin.

Danramil 11/BKY Mayor Kav Salahuddin Basir, S.Sos (Dokpri)
Danramil 11/BKY Mayor Kav Salahuddin Basir, S.Sos (Dokpri)

Awalnya dari hasil informasi dan penyelidikan serta keterangan saksi-saksi termasuk laporan dari RT setempat, adanya sejumlah remaja muda mudi yang sering berkumpul duduk-duduk di halaman rumah salah satu warga setiap malam sekitar pukul 20.30 WITA. Kemudian kejadian tersebut dilaporkan oleh RT ke aparat Babinsa setempat untuk dilakukan  penyelidikan terhadap sejumlah remaja yang masih tergolong dibawah umur dan masih berstatus pelajar.

Setelah tim Koramil 11/BKY yang terdiri dari personil Babinsa wilayah dan personil Banteng Komando Trisula mendatangi rumah tersebut dan memeriksa lalu menyisir rumah tempat kumpul para remaja  tersebut, dalam penggeledahan dan penggerebekan ditemukan dua anak panah busur yang diduga sering melakukan penyerangan akhir-akhir ini yang sangat meresahkan warga.

Para remaja yang diamankan di Koramil 11/BKY diberikan pembinaan oleh aparat Babinsa agar tidak lagi mengulangi perbuatannya, Minggu (23/01) Dokpri
Para remaja yang diamankan di Koramil 11/BKY diberikan pembinaan oleh aparat Babinsa agar tidak lagi mengulangi perbuatannya, Minggu (23/01) Dokpri
Aparat menduga, kawanan remaja tersebut pastinya memiliki jaringan pertemanan diluar dalam melancarkan aksinya melakukan penyerangan busur diberbagai tempat dan akhirnya petugas mencoba melakukan siasat agar dua remaja yang kedapatan memiliki anak panah busur tersebut untuk menghubungi teman-teman mereka melalui handphone. Selang beberapa menit  dua remaja tersebut diarak oleh aparat untuk ikut ke mobil guna menunjukkan dimana keberadaan teman-teman mereka yang lainnya yang diduga sering melakukan aksi penyerangan busur secara berkelompok ke sejumlah tempat di kawasan Laikang,  Bakung, Sudiang sekitarnya. kembali mendatangi rumah tersebut untuk mencari pelaku pemukul rekannya tadi.

Berdasarkan petunjuk dua orang remaja tersebut, teman-teman mereka sering mangkal di kawasan GOR Sudiang, akhirnya Tim Aparat Koramil langsung menuju lokasi GOR Sudiang dan berhasil menunjukkan teman-teman mereka dan akhirnya mereka berhasil meringkus 12 orang remaja dan selanjutnya digiring ke Koramil 11/BKY untuk diperiksa lebih lanjut.

Barang bukti pembuatan busur hasil dari pemeriksaan RJ di rumah kostnya. Dokpri
Barang bukti pembuatan busur hasil dari pemeriksaan RJ di rumah kostnya. Dokpri
Setibanya di Makoramil 11/BKY mereka langsung diperiksa, diidentiikasi satu persatu dan dari pengembangan pemeriksaan belasan remaja ini didapatkan informasi bahwa salah satu pelaku adalah pembuat busur berinisial RJ tinggal di kawasan Jalan Pajjaiyang, Sudiang Raya adalah diduga sering membuat dan memproduksi anak panah busur dirumahnya untuk disalurkan ke teman kelompoknya sesuai permintaan.

Pelaku Pembuat Busur Diamankan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Makassar Selengkapnya
Lihat Makassar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan