Mohon tunggu...
Imaniawan
Imaniawan Mohon Tunggu... Penulis Pasif

belajar dan mengajar bikin asyik

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Info Bengkel Press Body Motor dan Tips Memilih Bengkel Terbaik

28 September 2020   08:14 Diperbarui: 16 Oktober 2020   16:29 51 1 1 Mohon Tunggu...

Cari bengkel press body motor  yang berkualitas? Press body pada motor sangat dibutuhkan jika motor baru saja mengalami kecelakaan atau terjatuh. Kondisi motor yang sudah tidak sama lagi ini membuat beberapa bagian rusak baik yang terlihat maupun yang hanya bisa dirasakan saat motor digunakan. Jika demikian Anda harus memiliki dua pilihan mengganti spare part yang rusak dengan yang baru atau melakukan press body motor.

Mengganti spare part dengan yang baru membutuhkan biaya yang cukup besar namun berbeda jika melakukan press body motor. Biaya jauh lebih hemat dan proses melakukan press body motor tidaklah lama sebagaimana pilihan pertama. Tidak semua bengkel bisa melakukan tindakan press body motor sehingga perlu hati-hati jika memilih bengkel.

Bengkel press body yang baik memiliki kriteria khusus sehingga wajib mengetahuinya jika Anda berencana melakukan tindakan ini pada motor kesayangan. Berikut ini akan disajikan informasi apa saja tujuan press body motor dan bagaimana tips memilih bengkel yang terpercaya dalam melakukan press body.

Ketahui Tujuan Press Body Motor yang Jarang Diketahui

Bengkel press body motor tujuannya tentu melakukan pengepresan motor yang bengkok atau tidak center. Ada beberapa bagian yang sering di press misalnya velg, fork segitiga hingga keseluruhan motor. Tujuan press bodi ini semuanya untuk membuat bagian-bagian tersebut menjadi presisi seperti semula. Inilah rincian tujuan pada bagian press motor tersebut.

Mengepres Besi/Body yang Bengkok

Hal yang sering terjadi pada motor yang perlu di press body ialah memperbaiki struktur besinya yang bengkok akibat benturan. Dengan alat khusus misalnya alat press hydraulics system, press besi ini bisa dilakukan dengan mudah.

Tidak sebarangan besi motor yang bisa diperbaiki dengan alat canggih tersebut melainkan perlu pengecekan terlebih dahulu. Selain dengan alat, terdapat pula bengkel yang menggunakan alat manual. Jika demikian maka perlu perhitungan lebih agar besi menjadi presisi seperti semula.

Mengepres Fork Segitiga

Selain body motor, biasanya bagian yang sering di pres lainnya ialah fork segitiga. Proses pengerjaan ini lebih cepat apalagi jika menggunakan alat hidrolik. Hanya perlu melepas fork, mengepres dan memasang kembali. Namun jika kerusakan lebih parah maka tentu memerlukan waktu yang lebih lama, tak hanya segitiga namun juga setang motor perlu dibongkar.

Fork segitiga yang bengkok ini umumnya terjadi karena hantaman di bagian depan atau hantaman lubang. Efeknya, komstir yang kendur atau setang yang geser, namun jika hantaman sangat maka bagian ini tidak center lagi.

Press Velg Motor

Bengkel press body motor juga melakukan setel ulang velg motor yang bermasalah dan masalah ini pun sering terjadi jika motor baru mengalami kecelakaan. Proses pengerjaan ini tidak lama seperti perbaikan fork segitiga. Proses pengerjaannya pun tidak jauh berbeda mulai dari membongkar, pengepresan hingga pemasangan ulang velg.

Ada beberapa penyebab yang membuat velg motor bengkok misalnya benturan keras karena kecelakaan dan sering melalui jalanan yang tidak rata. Ban yang tidak bisa meredam benturan hingga cara berkendara yang tidak halus pun turut membuat velg lama kelamaan menjadi bengkok.

Tips Memilih Bengkel Press Body Motor Terpercaya

Seperti yang sudah disinggung di atas, memang tidak semua bengkel bisa melakukan press body. Bengkel resmi bisa menjadi pilihan yang terpercaya karena sudah memiliki brand dan terpercaya bahkan di banyak daerah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x