Mohon tunggu...
Maulida Imania
Maulida Imania Mohon Tunggu... Mahasiswa -

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Jajanan 90an: Nostalgia Masa Kecil Bahagia

16 November 2017   13:31 Diperbarui: 16 November 2017   13:36 3942
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah tahu telur gulung? Atau bahkan kue rangin dan rambut nenek? Banyak sekali jajanan 90an yang dulu pernah melegenda. Dengan uang jajan yang pas-pasan, kami yang pernah hidup di zaman itu *eh bisa membeli jajanan kekininian (pada masa itu, hehe). Tahu apa yang menjadi favorit saya? Es krim lonjong isi dua, 500 dapat satu, hehe. Bukan, maksud saya es wawan. Semacam es lilin punya tiga varian rasa. Pernah dengar?

Di siang yang mendung ini terlintas dipikiran saya jika saya kembali ke era 90an, apa yang saya lakukakan? Salah satunya mungkin saya akan memborong jajanan 90an. Kadang rindu rasanya dengan masa kecil, kaya nggak punya beban. Dari pada meraba-meraba yang tidak jelas, kuy nostalgia!!

1. Permen Karet Yosan

tribunnews.com
tribunnews.com
Permen karet segi empat dengan berbagai rasa. Dulu harganya cuman cepek. Ingat nggak, permen ini pernah bikin sayembara, kalau kita bisa mengumpukan semua huruf yang membentuk kata YOSAN katanya bakal dikasih hadiah. Anak kecil mana yang tak tergiur dengan semacam sayembara seperti itu? Dulu saya hampir setiap hari beli permen itu, tapi tidak pernah saya temu abjad 'N'. Setelah sedikit lebih besar, saya baru menyadari tidak perna ada abjad N.

2. Mie Sakura

forum.novelupdates.com
forum.novelupdates.com

Mienya murah, cuman 2000an dan sudah dimasak sekaligus ditempatkan di wadah plastik bungkus itu sendiri dengan sebilah kecil bambu sebagai sumpitnya. Memang tidak higienis ya, tapi mie ini dulu sangat populer, bahkan saya perlu antri lama untuk dapat membelinya.

3. Permen Rokok

http://haloindonesia88.blogspot.co.id
http://haloindonesia88.blogspot.co.id

Pernah coba permen ini? Sudah merasa keren belum kalau lagi makan permen ini? Hehe. Itu yang saya rasakan. Kalau lagi makan permen ini selalu sokdan bilang, "gue ngerokok nih". Padahal itu cuman permen buah yang bentuknya rokok.

4. Permen Coklat Payung

Foody.id
Foody.id

Sebenanya bukan permen sih, lebih tepatnya cokelat yang berbentuk payung dan dibungkus lucu. Kalau saya dulu, gagang payungnya itu saya kumpulin, nggaktahu buat apa rasanya bahagia gitukalau bisa ngumpulin banyak. Hehe

5. Telur Gulung

beautynesia.id
beautynesia.id

Telur ini masih beberapa kali saya temui di daerah saya. Saya pernah mencoba membuat sendiri, dan tidak pernah berhasil. Hanya mas-mas pembuat telur gulung yang tahu rahasia resep telur gulung ini.

6. Rambut Nenek

bukalapak.com
bukalapak.com

Ini seperti gulali, tapi bukan gulali. Bentuknya seperti benang lembut rasanya manis. Kurang tahu mengapa bisa disebut rambut nenek. Padahal setahu saya jajanan ini punya warna merah muda.

7. Permen Tac

tokopedia.net
tokopedia.net
Ingat dengan permen rasa buah ini? Kalau lagi mampir ke warung pasti permen ini jadi salah satu yang menarik. Ada rasa strawberry, anggur, dan jeruk. Mana yang jadi favorit kamu?

Masih banyak sekali jajanan 90an lain yang mengingatkan betapa bahagianya masa kecil saya. Setelah beli jajan, main di lapangan sampai sore. Begitu terus setiap harinya. Kalau ingat dulu, kadang saya bisa ketawa-ketawa sendiri.

Sekarang banyak bermunculan makanan ringan yang lebih menarik dari jajanan pasar yang terlihat kuno. Contohnya saja makaroni pedas yang warnanya merah mencolok dan dijual dengan harga yang murah. Tentu anak-anak bahkan kita yang lebih dewasa akan lebih tertarik dengan makanan yang semacam itu.

Dan seiring berkembangnya zaman, makanan dari luar juga ikut meramaikan dunia kuliner Indonesia. Tak bisa dipungkiri hal itu menyebabkan menjamurnya cafedengan nuansa kebarat-baratan. Tak hanya tampilan luarnya, makanan dan minuman yang disajikan pasti menu-menu negeri barat. Tapi jangan salah, jajanan 90an ini juga masih punya tempat di hati mantan anak kecil generasi 90an *ehh. Intinya, walaupun sudah jarang ada di pasaran namun jajanan ini tetap ada yang menjuanya kok walaupun tentu harganya sudah berbeda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun