Mohon tunggu...
Iman Agung Silalahi
Iman Agung Silalahi Mohon Tunggu... Pembelajar hidup sehat holistik

Selalu merasakan sebuah kebahagiaan tersendiri saat mitra kerja atau sahabat berhasil menemukan inspirasi dan keyakinan diri untuk mencapai apa yang diimpikannya. Tertarik menjadi pembelajar hidup sehat holistik sejak Februari 2021 setelah resmi menyandang status penderita diabetes tipe 2.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Lebaran Sebentar Lagi

22 April 2021   08:43 Diperbarui: 22 April 2021   08:54 181 1 0 Mohon Tunggu...

Lebaran sebentar lagi. Berpuasa sekeluarga, sehari penuh yang sudah besar, setengah hari yang masih kecil. Alangkah asyik pergi ke masjid, shalat tarawih bersama-sama. 

Lebaran sebentar lagi. Berpuasa dengan gembira, menahan lapar, menahan nafsu, melatih diri sedari kecil. Membaca Qur'an shalat tarawih, melatih iman sedari kecil.

Itulah dua dari empat bait syair lagu 'Lebaran Sebentar Lagi' yang awalnya dinyanyikan Bimbo, sebuah grup musik legendaris dari kota Bandung. Musiknya enak didengar telinga, syairnya sejuk menguatkan umat yang beribadah puasa.

Siapa yang tidak kenal Bimbo? Generasi 'jadul' (jaman dulu) pasti kenal dengan grup musik yang yang berasal dari Bandung ini. Ya, saya sebut generasi 'jadul' karena Bimbo yang didirikan sekitar tahun 1967 itu terdiri dari empat bersaudara kakak-beradik yang usia rata-rata mereka sudah di atas 70 tahun saat ini. Keempat bersaudara kakak-beradik tersebut dikenal masyarakat dengan nama: Sam Bimbo, Acil Bimbo, Jaka Bimbo dan Iin Parlina.

Lagu 'Lebaran sebentar lagi' adalah salah satu lagu religi yang sangat populer, khususnya di hari-hari terakhir bulan Ramadhan sampai beberapa hari setelah hari Lebaran. Kamu akan sering mendengarkan lagu tersebut di berbagai tempat dan kesempatan. Lagu tersebut akan sering terdengar saat kamu berada di tempat rekreasi atau di restoran. Lagu tersebut juga akan akrab di telingamu saat kamu pergi ke mal atau pusat perbelanjaan sambil menikmati harga diskon untuk setiap pembelian. Iya, 'kan?

Walau lagu 'Lebaran Sebentar Lagi' lebih sering terdengar dinyanyikan pada jelang dan pada saat suasana Lebaran, tapi lagu tersebut sudah mulai saya senandungkan sejak minggu pertama bulan Ramadhan. Rekan-rekan kerja saya di tempat saya bekerja dulu sering memprotes saya sambil bercanda, "Lebaran sebentar lagi? Masih lama, Bro!"

Tapi saya menjawab sambil tersenyum, "Betul, Lebaran sebentar lagi, kok. Sebentar lagi saya makan ketupat. Ketupat dari kamu yaaa...?" Dan kami semua pun tertawa. Berpuasa bukanlah suatu hal yang memberatkan kalau dijalankan dengan hati yang gembira.

Lagu 'Lebaran sebentar lagi' menjadi salah satu dari dua lagu religi dari Bimbo yang menjadi favorit saya. Satu lagu religi lainnya berjudul 'Ada anak bertanya pada bapaknya'. Syair dari kedua lagu religi tersebut diciptakan oleh Taufik Ismail, seorang sastrawan Indonesia yang terkenal sampai ke mancanegara.

Syair pada lagu 'Lebaran sebentar lagi' menunjukkan bahwa kebersamaan dalam keluarga akan mendatangkan kegembiraan dan kekuatan sambil melatih iman dalam menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadhan menuju hari kemenangan, hari Lebaran.

Ibadah puasa selama bulan Ramadhan adalah bagaikan sebuah perjalanan panjang, memakan waktu selama 29-30 hari. Tetapi perjalanan ibadah puasa itu akan terasa singkat dan menyenangkan ketika diisi dengan sebuah kebersamaan dalam keluarga. Begitu kata teman-teman saya kepada saya tentang indahnya sebuah ibadah puasa selama bulan Ramadhan bagi diri mereka. Dan saya percaya dengan apa yang mereka katakan itu.

Okelah kalau begitu. Selamat menikmati lagu-lagu religi favorit saya. 'Lebaran sebentar lagi' dan 'Ada anak bertanya pada bapanya'.

Selamat menjalankan pola hidup sehat dan tetap semangat.

VIDEO PILIHAN