Petualangan singkat ini dimulai ketika menginjak bangku kuliah di salah satu UNIVERSITAS SWASTA yang ada di Bogor, tepatnya di semester 5 awal. Kecintaan yang menggebu gebu pada si baja bulat ini tidak terbendung dikala itu sedang membuming film Indonesia yang bertema persahabatan dan kasmaran sekaligus dibumbui lagu yang begitu hits dari Seila on 7 dengan judul kita. Tabungan sedikit demi sedikit terkumpul dengan bantuan Almarhum Mamah yang saat itu sangat mendukung untuk membeli vespa dengan alasan supaya tidak kebut - kebutan dalam berkendara akhirnya saya menghampiri rumah sahabat yang kebetulan teman dari SD juga namun sudah berkecimpung di Dunia MESIN KANAN biasa kita panggil. Dengan modal 2,3 juta vespapun diboyong kerumah. Senang bukan main perasaan membawa vespa ikarna umur vespa yang diberi nama AJENG ini keluaran 1964 VBB. Â Sebagai pemula saya sangat bersyukur mendapatkannya...
 Sambil menyelam minum air,  istilah yang bisa dipakai untuk bisa mengungkapkan perasaan pada waktu itu.  Merasa habis habisan sampai uang jajan tergerus mendandani AJENG ini bahkan tidak jarang datang dan pergi bengkel. Untuk memperbaiki atau hanya sekedar mempercantik vespa tersebut.  Saya memutar otak agar tidak mengeluarkan uang lebih lagi untuk merawat AJENG ini dan memutuskan untuk mengatur strategi.
Singkat cerita ternyata merawat vespa tidak semudah Merawat motor lainnya so,  saya berfikir ulang harus ada cara bagaimana menghandle ini semua.  Akhirnya saya banyak mengunjungi bengkel umum,resmi dan bengkel dari temen - temen Nongkrong dan alhasil banyak ilmu yg bisa di ambil buat merawat kendala - kendala kecil yg sering terjadi di motor vespa. Mulai dari rusak yang terkecil sampai yang besar akhirnya lambat laun bisa ditangani sendiri.  Berikut kendala - kendala yang biasa  terjadi dalam berkendara vespa dan cara menanganinya.
Kendala                                  Â
Penanganan
Tiba -- tiba mati
- Pengecekan bensin
- Setelah dipastikan bensin ada maka cek busi
- Apabila dipastikan busi dalam keadaan baik maka dipastikan pengecekan turun bensin di karburator, pastikan bensin mengalir deras sesuai dengan settingan.
- Bersihkan spuyer angin dan bensin karena dikhawatirkan ada kotoran yang masuk
- Miringkan vespa agar aliran bensin deras dan coba di kick starter
Vespa jalannya tersendat dan menembak
- Buka tepong kanan vespa
- Buka busi pada heada atas
- Bersihkan busi dan rapat renggangkan pentol sesuai kebutuhan
- Pasang kembali dan mulai hidupkan dengan cara kick starter
Bensin tersendat
- Buka tepong kanan
- Buka tutup karbu dan saringan
- Buka spuyer bendin dan angin
- Cek deras bensin mengalir di lubang silinder karbu
- Tutup kembali
- hidupkan dengan cara kick starter
Vespa jalannya tersendat dan menembak (Platina)
- Buka tepong dan tutup kipas
- Cek baud tengah platina (kencangkan)
- Hamplas pentol platina
- Atur jauh dekat sesuai dengan settingan
Demikian cara memperbaiki kendala pada vespa tua pada saat di jalan. Semoga bermanfaat...