Mohon tunggu...
Imam Syafii
Imam Syafii Mohon Tunggu... Guru Madrasah

Guru Biologi MAN 1 Musi Rawas. Lahir di Tebat Jaya, Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan. Tanggal 22 Pebruari 1978. Hiasi Hidup dengan Penuh Kesyukuran dan Kesabaran adalah motto dalam menjalani kehidupan. Terus belajar menuangkan ide dan pikiran dalam tulisan, dan seorang guru harus menulis.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Saat Admin Bicara BiP, Medsos Apa Sih?

22 Januari 2021   11:24 Diperbarui: 23 Januari 2021   09:24 161 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saat Admin Bicara BiP, Medsos Apa Sih?
Sumber: Bisnis

Oleh : Imam Syafii

Minggu pagi (17/1/2021) cuaca Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas sedikit mendung. Surya pagi belum juga ingin menampakkan wajahnya memberi kehangatan. Padahal jam sudah menunjukkan pukul 7.23 WIB. Hanya semilir bayu kembali kurasakan membelai lembut wajah dan tubuhku saat duduk di  depan teras rumah. Membawa pesan yang ingin diucapkan, "Aku hadir," bisiknya. Nafas pagi juga semakin ngilu menusuk relung qalbu. “Ah, tidak mengapa?” gumamku. "Hari ini juga hari libur, Minggu," batinku.

Sejenak kucoba beranjak dari tempat duduk untuk meraih gawai yang terletak di atas meja ruang tamu. Gawai yang telah menemani dan membantu tugas profesi dan keseharianku selama 6 (enam) tahun ini. “Wah sudah lama banget ya,” ucapku lirih. Bahasa anak sekarang Jadul (jaman dulu).

Meski jadul, seperti gawai pada umumnya aku gunakan untuk komunikasi dan mencari berbagai informasi. Baik komunikasi secara pribadi melalui media sosial (medsos) maupun dalam grup kelompok dan komunitas. Beberapa medsos yang banyak digunakan di masyarakat kita adalah facebook, whatApps (WA), telegram, twitter, instagram, pinterest, etc. Selain sebagai alat komunikasi, gawai dimanfaatkan juga dalam aktivitas untuk menyimpan catatan penting, membuat agenda-agenda kegiatan webinar dan seminar, pelatihan guru, kegiatan sosial kemasyarakat dan masih banyak lagi.

Yah, belum juga tangan ini sempat menyentuh dan meraih gawai. Terdengar suara notifikasi gawaiku berdenting. Diliputi rasa penasaran aku pun bergegas menuju gawai yang tergeletak sejak malam tadi di atas meja. Perlahan kusentuh dan kupegang gawai dengan hati-hati. "Ini alat komunikasi satu-satunya yang kumiliki saat ini," ucap batinku.

Tak berselang lama, jari-jemariku mulai beraksi membuka dan melihat dentingan notifikasi terbaru khususnya di grup WA “Pejuang Data” yang dipenuhi oleh para admin (operator) madrasah mulai dari jenjang RA, MI, MTs hingga jenjang MA. Tergabung dalam grup ini terbilang sudah cukup lama dan terlalu lama sudah (seperti lagu broery aja) sejak sebagai admin (operator).

Perkerjaan ini menjadi tugas tambahan selain tugas utama sebagai guru. Sejauh ini rekan-rekan admin masih memberikan kepercayaan untuk tetap berada di dalam grup dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi dan berbagai informasi kekinian.

Benar saja, sontak mata ini mulai liar bergerak melihat ke atas dan ke bawah menelusuri kata demi kata seluruh informasi yang dikirimkan oleh admin kantor Doni Rohmanto, S.Kom. Jari-jari tangan pun bergerak cepat menggeser posisi layar gawai ke atas dan sesekali jemari tangan bergerak menuju ke bawah layar sekedar untuk mengulang kembali informasi yang baru saja dibaca.

Sumber: Indonesiainside.com
Sumber: Indonesiainside.com

Apa ya informasinya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN