Mohon tunggu...
Imam Rofiq
Imam Rofiq Mohon Tunggu... Mahasiswa

This is who i am no matter what you say!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ibnu Khalaf Al-Muradi, Penemu Dasar Ilmu Mekanik yang Terlupakan

7 Januari 2020   18:05 Diperbarui: 7 Januari 2020   18:14 333 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ibnu Khalaf Al-Muradi, Penemu Dasar Ilmu Mekanik yang Terlupakan
www.arabamerica.com

Kita tentunya sudah sangat mengenal berbagai teknologi di era modern ini banyak dari teknologi tersebut menggunakan dasar-dasar ilmu mekanik. Contohnya saja seperti jam tangan mekanik yang sering kita gunakan sehari-hari ataupun menara Big ben yang terletak di London Britania Raya yang menerapkan dasar ilmu mekanik, dan jika kita telusuri dan amati pada buku atau majalah maupun dari internet tentunya kita akan mengetahui bahwa kebanyakan pencetus dasar alat-alat tersebut adalah tokoh-tokoh dunia barat.

Namun tahukah anda?

Bahwa jauh sebelum dunia barat mengembangkan ilmu mekanik ternyata para ilmuwan muslim pada abad 11-17 Masehi sudah terlebih dahulu menemukan dasar-dasar ilmu mekanik, salah satu ilmuwan muslim tersebut adalah Ibnu Khalaf Al-Muradi yang menuliskan ide-ide cemerlangnya dalam buku Kitab al-asrr f nat'ij al-afkr ( Kitab Rahasia dalam Hasil Pemikiran atau Buku Rahasia dalam Hasil Gagasan ). 

Kitab ini disimpan pada Museum of Islamic Art di Doha, Qatar, kemudian pada tahun 2008, Kitab Rahasia al-Muradi telah diterbitkan dalam faksimili, diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Italia, Prancis dan dalam edisi elektronik (pdf), dengan semua mesin yang ditafsirkan dalam 3D, oleh pusat studi Italia Leonardo3.

Pada buku At-Turats al-Ilmu al-Islami karya Ahmad Fuad Basya Para pakar sejarah Arab meniliti dan menegaskan bahwa buku Kitab al-asrr f nat'ij al-afkr mirip dengan buku yang diterjemahkan oleh Shimiller kedalam bahasa Jerman pada tahun 1992 Masehi. Hal ini menandakan bahwa para ilmuwan barat telah merujuk terhadap hasil karya ilmuwan muslim pada abad 11-17 Masehi. Salah satunya pada bidang ilmu Mekanik Modern yang banyak merujuk pada tulisan-tulisan para ahli teknik islam, salah satu yang terkenal ialah ibn Khalaf al- Muradi.

TAHUKAH ANDA KONTRIBUSI IBNU KHALAF AL-MURADI?

Pada buku Technology in world Civilization : A Thousand-Year History (1991) karya Arnold Pacey, bahwasanya karya atau kontribusi Al-Muradi menghadirkan desain untuk lebih dari 30 perangkat mekanik diantaranya adalah perangkat jam air,kalender,kereta roda gigi bahkan mesin perang pun juga ada, Al-muradi menulis desain-desain tersebut pada manuskrip-manuskrip jauh sebelum revolusi industri yang kita kenal sekarang ini.

Ibnu Khalaf al-Muradi walupun hidup pada masa belum adanya teknologi namun pemikiran telah jauh berkembang menuju masa depan, banyak sekali penemuan yg dibuatnya, dari berbagai penemuan tersebut yang paling banyak dikenal dunia yaitu desain jam air mekanik. 

Menurut Al Hasan dan Hill Al muradi merupakan orang pertama yang mendeskripsikan mengenai jam air dalam bahasa Arab, hal ini terdapat dalam risalah mesin karya Al muradi yang ditemukan di Spanyol pada abad ke-11 Masehi,  gambar di atas merupakan manuskrip mengenai jam air mekanik yang ditulis oleh Al murodi.

Betapa hebatnya ilmuwan muslim yang hidup pada zaman dahulu, pemikirannya selalu maju melihat ke masa depan, mereka sudah memikirkan perkembangan teknologi yang belum ada pada saat itu, agar bisa bermanfaat di masa depan. Hal ini membuktikan bahwa ilmuwan muslim banyak berkontribusi dalam bidang perkembangan teknologi modern  yang kita tahu sekarang ini. Namun banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa perkembangan teknologi saat ini dipelopori oleh ilmuwan-ilmuwan muslim yang hidup pada masa keemasan Islam yakni pada abad 11- 17 Masehi.

Jadi kita sebagai muslim haruslah mengetahui bahwa islam sudah jaya dan maju terlebih dahulu sebelum bangsa barat menemukannya dan juga patutlah kita mencontoh pemikiran-pemikiran ilmuwan muslim agar kita dapat berkontribusi dalam berbagai bidang permkembangan dunia ini.

Ditulis oleh :  Muhammmad Imam Rofiq & Muhammad Maulana Barkah

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x