Berikut ini adalah deskripsi diri yang pernah tertulis untuk menjelaskan kenyataan profesi  yang mesti dijalani. Hal ini dibuat sebagai bahan evaluasi bagi yang berkepentingan dengan tata ukur standar yang sekiranya mendekati kebenaran atas usaha penilaian yang sedang dinilai. Adapun item-item permasalahan dan jawaban sebagai berikut ini:
PENGEMBANGAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Usaha Kreatif
Saya mengajar berdasarkan KKNI terurai dalam satuan acara perkuliahan (SAP) pada  matakuliah yang saya ampu. Karena itu saat awal kuliah, saya mengadakan kontrak belajar dengan mahasiswa. Yakni terkait proses pembelajaran, tugas, keaktifan dalam kelas saat diskusi selama satu semester. Tak kalah pentingnya menetapkan batas nilai minimal  yang dinyatakan tidak lulus. Sehingga mereka lebih semangat dan rajin dalam mengikuti kuliah.
Untuk memberikan gambaran yang jelas kepada para mahasiswa,  maka saya susun tentang deskripsi  matakuliah. Kemudian saya sampaikan tentang tujuan umum matakuliah dengan ilustrasi akhir perkuliahan mahasiswa mempunyai pengetahuan pemahaman bersifat implisit maupun eksplisit. Adapun tujuan khusus yang ingin saya capai pada akhir perkuliahan mahasiswa mampu:
Mendeskripsikan matakuliah dengan berbagai aspeknya, Â tujuan matakuliah, dan kerangka teoritis dan praktis dalam konsep matakuliah yang saya sampaikan.
Menjelaskan manfaat dari kerangka teoritis dan praktis matakuliah berikut bagaimana konsep matakuliah secara umum tersebut menjadi pengayaan pengetahuan.
Menguraikan, dan mentransformasikan matakuliah menjadi bagian internalisasi diri baik bersifat individu, sosial yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Untuk mendorong proses pembelajaran agar berhasil lebih baik, maka setiap saya mengajar perlu persiapan bahan dan media pembelajaran diantaranya sebagai berikut:
Bahan berupa: Buku Wajib; 2) Buku Terkait; 3) Artikel/Jurnal; 4) Berita & Koran, fenomena alam, baik bersifat fisikal maupun metafisikal.
Adapun Medianya adalah: 1)  White board; 2) Spidol; 3) Kertas; 4) Laptop; 5). LCD, bahkan saya membuat jurnal ilmiah secara online, alhayat.or.id, yang bisa diakses. Selain itu dapat dibuka pada kompasiana.com/imammuhayat. Pada laman tersebut berisi contoh-cohtoh pembelajaran tidak kurang dari jumlah artikel 475 judul. Tentu contoh-contoh itu hanya saya  buka jika sesuai dengan materi yang saya ampu, selama satu semester ( 14 kali pertemuan aktif).