Mohon tunggu...
Imam Faisal
Imam Faisal Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pengaruh Faktor Pembentuk Komitmen Perilaku Organisasi Kreasi Konten di Jejaring Sosial

15 Juli 2018   01:40 Diperbarui: 15 Juli 2018   02:03 928
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Di era digital sekarang kita disajikan dengan berbagai informasi bahkan hinggaoverloads. Meskipun begitu kita tak kunjung bosan. Kita senang mengapresiasi sesuatu yang baru dan mengesankan. Itulah kehebatan dari content creator. Layaknya gambar bunga yang semula biasa, paduan warnanya mampu mengubahnya menjadi indah.

Begitupun juga dengan era digital, Selama ini yang membuat era digital begitu menarik tak lepas dari kreatifitas content creator. Munculnya tren baru sebagai content creator dimana seseorang mampu menciptakan dengan kreatif dan otentik sebuah konten dianggap warga terhormat, bisa dikatakan adalah sebuah fenomena yang membanggakan bagi kita semua.

Komitmen organisasi ialah sikap karyawan yang tertarik dengan tujuan, nilai dan sasaran organisasi yang ditunjukan dengan adanya penerimaan individu atas nilai dan tujuan organisasi serta memiliki keinginan untuk berafiliasi dengan organisasi dan kesediaan bekerja keras untuk organisasi, sehingga membuat individu betah dan tetap bertahan di organisasi tersebut.

Komitmen juga merupakan sikap yang menuntun atau menengahi respon nyata seseorang atau niat perilaku seseorang terhadap suatu benda. Tidak ada satu pimpinan organisasi manapun yang tidak menginginkan seluruh jajaran anggotanya tidak memiliki komitmen yang kuat terhadap organisasi/perusahaan mereka. 

Kecanggihan teknologi informasi yang ditandai dengan semakin luasnya penggunaan sosial media telah mempermudah pernyataan perasaan, pikiran dan pendapat seseorang. Segala keunggulan media sosial untuk mengakses dan menyebarkan informasi secara cepat, ternyata memiliki peluang bagi adanya penggunaan media sosial sebagai penyebar segala informasi baik yang menyenangkan maupun yang berpotensi menimbulkan keresahan.

Di era kekinian, semua pengguna sangat diharapkan untuk mempersiapkan diri dalam membentuk karakter pribadi kekinian yang sesuai dengan karakter pribadi masyarakat digital. 

Disinilah pengguna perlu memiliki kecanggihan dalam mengelola perasaan, pikiran dan tindakan dalam bermedia sosial. Singkat kata, pengguna media sosial harus memiliki kecerdasan dalam menyampaikan suatu informasi, bijak, dan kritis serta berhati-hati dalam menyikapi segala informasi yang ada serta yang paling utama adalah mengutamakan etika dalam menyampaikan pesan, termasuk dalam pemilihan kata yang baik maupun kesantunan dalam gaya penyampaian. 

Referensi: 

  • Khikmah, siti noor 2005. Pengaruh profesionalisme terhadap keinginan berpindah dengan Komitmen Organisasi dan Kepuasan kerja.
  • Partina, Anna. 2005. Menjaga Komitmen Organisasional

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun