Mohon tunggu...
I Made Joshua Pratama
I Made Joshua Pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa Arsitektur

A random guy with normal life. Hakuna Matata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sosialisasi Penggunaan Teknologi dan Membangun Lingkungan Sehat di Dalam Masyarakat

26 Februari 2021   23:07 Diperbarui: 26 Februari 2021   23:30 77 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Penggunaan Teknologi dan Membangun Lingkungan Sehat di Dalam Masyarakat
KKN K-33 Sudimara Barat

Memasuki periode gasal tahun ajaran 2020/2021, Universitas Budi Luhur menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diikuti oleh mahasiswa aktif semester tujuh (7) sebagai persyaratan untuk menyelesaiakan perkuliahan dan implementasi tri darma perguruan tinggi. KKN pada tahun ini diselenggarakan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya demi menyesuaikan dengan kondisi Pandemi Conid-19 yang sedang melanda Indonesia, tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Mahasiswa aktif yang terlibat pada progra KKN merupakan mahasiswa lintas jurusan yang dikumpulkan dalam satu kelompok untuk ditempatkan di kelurahan yang berlokasi di wilayah Jabodetabek. Salah satu kelompok yang terbentuk yakni kelompok K33 yang di bimbing oleh Bapak Yani Prabowo, S. Kom, M. Si (dosen Universitas Budi Luhur), pelaksanaannya bertempat di RW 12, Kelurahan Sudimara Barat, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Tema yang diangkat oleh kelompok K33 dalam KKN di RW 12, Sudimara Barat ini adalah "Sosialisasi Penggunaan Teknologi Dan Membangun Lingkungan Sehat Di Dalam Masyarakat" dengan tujuan mewujudkan wilayah di wilayah Sudimara Barat sebagai masyarakat yang paham mengenai teknologi dan bagaimana dampak yang dihasilkan dalam penggunaan teknologi tersebut yang berfokus pada anak-anak muda di RW 12. Pelaksanaan KKN di RW 12, Sudimara Barat ini bekera sama dengan Rukun Remaja (RR) RW 12 demi mensukseskan program kerja.

Pelaksanaan KKN berlangsung selama satu bulan dengan 1-2 kali pertemuan di setiap pekan terhitung dari 30 Januari 2021 dan berakhir pada 24 Februari 2021.

Pekan pertama dalam program kerja pembuatan Aquaponik (Program Utama), berupa media pertanian yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik. Setelah terbangun, pemeliharaan dan penanganan sepenuhnya diserahakan kepada Rukun Remaja RW 12 untuk dapat dikelola secara berkelanjutan dan menjadi media belajar bagi masyarakat khususnya UMKM setempat.

Aquaponik sebagai program kerja utama
Aquaponik sebagai program kerja utama

Aquaponik sebagai program kerja utama
Aquaponik sebagai program kerja utama

Pekan kedua dalam program kerja adalah pelaksaan Seminar (Program Utama). Tujuan program ini yakni memberikan penyuluhan kepada masyarkat khusunya pemuda pemudi RW 12 terkait dengan penggunaan teknologi, mengedukasi peserta mengenai tata cara juga dampak positif dan negatif dalam penggunaan teknologi, membangun personal branding dan bisnis melalui media teknologi demi mengembangkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Seminar penggunaan teknologi kepada pemuda RW 12 sebagai program kerja utama
Seminar penggunaan teknologi kepada pemuda RW 12 sebagai program kerja utama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x