Mohon tunggu...
Ilyas Imran
Ilyas Imran Mohon Tunggu... Freelancer - Petualang

Petualang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pisew Desa Sibowi Libatkan Warga Setempat

10 Oktober 2021   10:35 Diperbarui: 10 Oktober 2021   10:40 141 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Program infrastruktur sosial ekonomi wilayah satu dari sekian PKT yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021.

Kegiatan ini melibatkan secara langsung masyarakat dalam pelaksanaan dengan sistem padat karya tunai, seperti di Kabupaten Sigi, bppw Sulteng telah menyelesaikan pembangunan jalan kantong produksi tepatnya di Desa Sibowi dan Desa Sibalaya Utara.

Ditengah ketidakpastian ekonomi akibat dampak pandemi, program pisew mampu memberikan energi tambahan bagi warga lokal yang terdampak virus Covid 19 karena kehilangan pekerjaan untuk ikut terlibat di dalam proses kegiatan.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Desa Sibowi Agus Gidion seperti dilansir dari responaktual.online bahwa kegiatan ini melibatkan langsung warga desa dalam proses pelaksanaan.

Iapun berharap, dengan selesainya kegiatan ini, para petani tidak lagi kesulitan dalam mengangkut pertaniannya menuju pusat pemasaran terdekat.

" Sebagai Kepala Desa, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga tahun depan kegiatan seperti ini dapat di laksanakan di desa kami." Ujar Agus Gidion pada respon aktual 19/8/2021.

Seperti diketahui, kegiatan pisew di desa Sibowi mengunakan dana APBN senilai Rp. 328.2 juta dengan pelaksana yakni BKAD Kecamatan Tanambulava.

Program ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur yang bisa meningkatkan produktivitas warga.

Selain jalan kantong produksi, pisew juga  dalam pembangunan infrastruktur skala kecamatan, infrastruktur pisew bisa untuk kegiatan pembangunan jembatan kecil, air minum dan sanitasi maupun infrastruktur lainya yang bisa mengenjot nilai produksi seperti peternakan, perikanan serta UMKM sehingga komoditas unggulan di desa bisa meningkat dan ekonomi masyarakat tumbuh dan berkembang. artikel ini juga telah tayang di https://www.responaktual.online/2021/08/kades-sibowi-kabupaten-sigi-sambut-baik.html.

Penulis/Editor : Ilyas Imran

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan