Mohon tunggu...
Ilyani Sudardjat
Ilyani Sudardjat Mohon Tunggu... Biasa saja

"You were born with wings, why prefer to crawl through life?"......- Rumi -

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Ketika Brand Official Banting Harga di Belanja Online

15 Desember 2019   07:23 Diperbarui: 15 Desember 2019   07:25 66 1 0 Mohon Tunggu...

Apa sudah belanja di 12.12? Waduh iklanya jor jor-an banget yak. Tentu iklan itu bertujuan konsumen berbelanja sebanyak banyaknya di lapak online.

Bagus sih. Semua Penjual online juga beramai ramai ikut berpartisipasi. Hanya ketika Brand Official juga turut serta Banting harga, saya jadi mikir apa dampaknya gak panjang ya? Dampak itu antara lain:

1. Brand tersebut juga punya agent (atau para Penjual 'bebas')yang menjual produk brand tersebut di onlinenya. Nah apa agent ini bisa bersaing dengan brand officialnya langsung? 

2. Brand Official merupakn perusahaan besar yang punya Sumber dana besar untuk iklan di lapak online. Ini juga menyebabkan kompetisi sesama Penjual produk yang sama kian tak berdaya. 

Di lapak online tertentu, jualan bisa tampil dibaca konsumen kalau mau iklan. Kalau Tak bayar iklan, produk jualan gak kan bisa kebaca konsumen

3. Nasib counter dari brand itu sendiri. Banyak brand yang tersebar di counter khusus  ataupun umum. Penjualan offline ini bisa lesu Dan kelamaan mati, karena tentu konsumen lebih suka promo langsung dari brand Official bukan, yang harganya bisa  70% lebih murah?

Bayangkan berapa orang yang nafkahnya tergantung dari rantai ekonomi itu.

Jadi dampak rantai ekonominya bisa panjang. Tata kelola jualan online harusnya bisa lebih diatur, agar Penjual maupun konsumen siap dengan kondisi ini.

VIDEO PILIHAN