Mohon tunggu...
Ilyani Sudardjat
Ilyani Sudardjat Mohon Tunggu... Biasa saja

"You were born with wings, why prefer to crawl through life?"......- Rumi -

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Rapuhnya Sistem Kelistrikan Jawa?

5 Agustus 2019   09:14 Diperbarui: 5 Agustus 2019   15:02 67 1 0 Mohon Tunggu...

Gimana gak ngedumel yak. Gak ada pemberitahuan apa apa dari PLN tiba tiba mati lampu yang dampaknya begitu Massif dan sistemik, karena lamaa banget hingga gangguan sinyal.

Kami lagi mau mau ke Cengkareng dari Pancoran ketika masih mati lampu. Jalanan di hari minggu yang biasa lancar kali ini macet parah karena lampu pengatur lalu lintas tak berfungsi. Muacettnya rek. 

Saya jadi kebayang yang lagi naik KRL dan MRT mendadak kereta berhenti karena asupan energi listriknya tak berfungsi. Penumpang MRT bawah tanah terpaksa dievakuasi karena mati lampu ini. MRT masih bisa diperbaiki pakai genset, tetapi KRL? 

Jadi ingat juga pedagang ikan di pusat pasar ikan yang baru kami datangi. Para pedagang kecil, lah asupan oksigen dari listrik bisa tak berfungsi, dan ikan ikan bisa pada mati? Kalau sebentar mah masih bsia diatasi. Ini lama banget? 

Begitu juga rumah sakit untuk pasien di ICU. Semoga semua pada punya genset sehingga bisa diatasi. Yang bikin geregetan kan gak ngasih tahu itu loh kalau mau mati lampu. Jadi mesti pada panik dulu sebelum pasang genset.

Mati lampu hingga jam 9 malam alias 9 jam-an. Dan pagi ini mati lampu lagi. 

Saya baca di media, PLN memberitahu setelah kejadian mati lampu. Catat, SETELAH kejadian. Dan itu katanya karena pembangkitnya rusak. 

Dan kalau Saya baca juga, yang mati lampu bukan hanya Jakarta, tetapi juga setengah Jawa. Ampiun dah. Gak ngasih taunya itu loh. Dan gak ada antisipasi kalau pembangkit itu emang rusak. 

Padahal katanya cadangan listrik Jakarta atau Jawa Bali berlimpah. Begitu juga dukungan sistem kelistikannya yang katanya handal. Sistem ya, berarti jika Ada masalah sudah Ada mekanisme antisipasinya.

VIDEO PILIHAN