Mohon tunggu...
Ilyani Sudardjat
Ilyani Sudardjat Mohon Tunggu... Biasa saja

"You were born with wings, why prefer to crawl through life?"......- Rumi -

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pidato Jokowi dan Gempa Maluku 7,2 SR

16 Juli 2019   17:50 Diperbarui: 16 Juli 2019   19:16 0 1 0 Mohon Tunggu...

Hari minggu tanggal 14 Juli 2019, hari ketika Jokowi berpidato mengenai visi Indonesia,ternyata juga terjadi Gempa dahsyat 7,2 SR di Maluku.

Gempa menimbulkan kerusakan parah, termasuk fasilitas publik seperti rumah ibadah, jalan, jembatan. Beberapa wafat dan ribuan mengungsi.

Mungkin saja kebetulan, pas ada pidato Jokowi itu juga terjadi gempa dahsyat. Hanya tiba tiba saya seperti diingatkan, bahwa didalam visi Indonesia yang disebut Jokowi, aspek alam, Lingkungan seperti tidak mendapat tempat?

Visi itu begitu gencar soal Investasi. Hingga Jokowi menyebut akan mengejar siapapun yang menghambat Investasi? Bagaimana dengan aspek Lingkungan? 

Di Sichuan China, 2 kejadian gempa yang cukup dahsyat dikaitkan dengan eksplorasi gas diwilayah itu. 

Jadi teringat bahwa eksplorasi Freeport sekarang bukan lagi memapas gunung emas tetapi mengeruk perut Papua hingga yang terdalam, terjauh, berliku liku penuh resiko. Sehingga bisa jadi merupakan pertambangan emas bawah tanah terdalam di muka bumi?

Bagaimana dengan pembangunan bandara Yogya yang mengabaikan aspek resiko gempa hingga tsunami laut Selatan? Selama bulan Juni, Jateng beberapa kali dilanda gempa di Laut Selatan?

Sepanjang tahun 2018, aktivitas seismik di Indonesia meningkat pesat, hingga lebih dari 4648 kali dibandingkan tahun 2017. 

Sedangkan tahun 2019,  belum sebulan, terjadi 2 Kali gempa lebih dari 7 SR melanda Indonesia, tanggal 24 Juni dan tanggal 14 Juli 2019 di Maluku. 

Dan Hari ini Gempa 6 SR (dikoreksi jadi 5,7) melanda Bali. Gempa cukup kuat sehingga bangunan banyak yang hancur.

Itu terkait Gempa. Sementara terkait bencana buatan manusia yang nyata seperti banjir kian kerap melanda karena hutan dibuka 'untuk investasi'? Seperti Konawe yang banjir parah, Bengkulu yang hutan konservasinya mulai dirambah? Sumber air dibuat pabrik? 

Bahkan salah satu prasyarat utama visi itu menurut saya seharusnya adalah Daya Dukung Lingkungan?

VIDEO PILIHAN