Mohon tunggu...
Ilyani Sudardjat
Ilyani Sudardjat Mohon Tunggu... Biasa saja

"You were born with wings, why prefer to crawl through life?"......- Rumi -

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Pilihan

Gus Dur: Prabowo Orang Paling Ikhlas kepada Rakyat Indonesia?

12 Maret 2019   11:00 Diperbarui: 12 Maret 2019   21:58 0 3 1 Mohon Tunggu...

Dalam suatu wawancara eksklusif di TV One tahun 2009, Gus Dur ditanyakan oleh hostnya mana yang kira kira bisa jadi pemimpin bangsa dan diterima oleh rakyat Indonesia? 

Gus Dur menyebut kalau orang yang paling ikhlas kepada rakyat adalah Prabowo. Ditanya kenapa paling ikhlas?  Kata Gus Dur, ya karena terlihat dari apa apa yang dibuatnya itu, ikhlas betul kepada rakyat Indonesia. Kalau yang lain gimana? Ya saya ndak tahu, kata Gus Dur sambil ketawa. 

Jejak digital wawancara ekslusif itu masih bisa dilihat di YouTube. Dan kata kata itu keluar secara langsung dari lisan Gus Dur, bukan katanya atau tafsiran dari anak, istri, adik kakak, paman  ataupun dari pendukungnya. 

Mengapa Gus Dur mengucapkan hal tersebut? Pujian Gus Dur kepada Prabowo ini disampaikan kembali oleh Said Agil, ketum PBNU ketika Prabowo dan Sandiaga berkunjung ke kantor pusat PBNU di Kramat Raya Jakarta bulan Augustus 2018 lalu. Kata Said Agil, Gus Dur pernah bilang, jika ingin mencari orang yang paling ikhlas pada bangsa ya Prabowo.

Said Agil yang merupakan wakil ketua Tim pencari fakta kasus kasus HAM termasuk kerusuhan Mei 1998 menyebutkan Prabowo tidak terlibat. Dia bukan dalang kerusuhan. Hanya sebagai tumbal saja.

Sekarang ini, dikala pilpres ramai lagi kasus HAM yang katanya melibatkan Prabowo? Lah 4 tahun Jokowi jadi President kemana aja? Itu aksi kamisan masih terus berlangsung hingga sekarang. Dalang pembunuhan Munir juga belum diketahui siapa persisnya?

Yang jelas Prabowo hanyalah bagian dari hierarki kekuasaan ketika itu dimana polisi dan tni masih dibawah satu komando. Komando tertingginya masih ada kok, kemarin katanya mau sumpah pocong? Lah hal itu ditanggapi oleh Kivlan Zen yang maunya sumpah prajurit saja dan ngajak debate terbuka di TV. Tetapi orang itu bilangnya:cukup!

Dan orang itu pula yang sempat dilengserkan oleh Gus Dur ketika GD jadi President? GD presiden sipil yang luar biasa hebatnya, cerdas, humoris, dan dieranya ekonomi Indonesia melejit, dan yang penting dieranya pula dwifungsi ABRI dipisah. Sayang sekarang malah ada wacana yang disebut LBP seperti dwifungsi?

Gus Dur tokoh politik yang sudah makan asam garam kehidupan, seorang kyai, pemimpin ormas Islam terbesar, pernah malang melintang sebagai oposisi orde baru, dan pemegang kekuasaan sebagai President Republik Indonesia. Tentu besar makna penilaiannya terhadap seorang Prabowo sebagai orang yang paling ikhlas kepada bangsa?

KONTEN MENARIK LAINNYA
x