Ilyani Sudardjat
Ilyani Sudardjat profesional

"You were born with wings, why prefer to crawl through life?"......- Rumi -

Selanjutnya

Tutup

Politik

Lepasnya Topeng Jokowi

7 Desember 2018   15:24 Diperbarui: 7 Desember 2018   21:29 379 2 0
Lepasnya Topeng Jokowi
Sumber: tribunnews

Topeng Jokowi di lantai berserakan. Topeng itu juga tercecer di jalanan. Itu adalah hari ketika relawan dikumpulkan. Pada tanggal 27 November 2018, sekitar 7000 orang berdatangan. Oleh panitia mereka diberi goodybag dan topeng Jokowi untuk dikenakan.

Tetapi kenapa lalu dibuang sembarangan? Atau tak dipedulikan? Tak punya rasa takzim pada junjungan?

Itu adalah Topeng sungguhan. Bukan perumpamaan. Kalau yang ini baru Topeng kepalsuan. Ketika kamu berpura pura jadi Dilan. Atau naik motor terbang. Untuk menarik perhatian pendukung sekalian? Karena mereka tepuk tangan dengan riang?

Yang ini lagi topeng kebijakan.  Katanya peduli petani tetapi impor ugal ugalan. Nelayan sulit cari nafkah terkendala cantrang. Kapal besar sulit ijin berlayar di lautan. Sementara kapal kecil terkendala ombak banyak yang tenggelam. Pajak kapal dinaikkan, pajak kapal mewah dihapuskan?

Katanya tak kan mau utang. Padahal meningkat sangat tajam. Katanya mau mengatasi pengangguran. Ternyata tenaga kerja asing juga dipersilahkan. 

Yang jelas ketika demo guru honorer datang ribuan. Sampai inap semalaman. Kamu tega meninggalkan. Dan mereka menangis karena merasa tak dipedulikan.

Dibalik membangun yang kau banggakan. Banyak yang digusur menyumpah hingga 7 turunan. Mereka kehilangan tanah, rumah dan sumber penghidupan.

Dan di eramu persatuan dipertanyakan. Karena hukum kurang berkeadilan. Yang ada hanya perpecahan. Hukum jadi alat kekuasaan?