Ilyani Sudardjat
Ilyani Sudardjat profesional

"You were born with wings, why prefer to crawl through life?"......- Rumi -

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan

Perlukah Membawa Balita Tarawih ke Mesjid?

17 Mei 2018   05:39 Diperbarui: 17 Mei 2018   06:35 193 0 0

Di WA group emak-emak yang punya balita, ternyata pada nanya, gimana pada mau bawa anaknya tarawihan ke mesjid gak? Ada yang bilang, kalau masih bawah 2 tahun gak papa mom, bawa aja. Ntar kalau anak mulai rewel, sholatnya sambil gendong anak. Kalau agak gedean tetapi anteng, ya bawa aja. Sekalian bisa ikut belajar sholat jamaah.

Bukankah Nabi SAW juga ketika sholat cucunya yang balita ikut beliau ke mesjid? Nabi jadi imam, dan cucunya naik ke punggung beliau ketika sujud. Sampai para makmum ketika itu bingung kenapa Nabi sujudnya lama sekali? Beliau juga menggendong cucunya sambil sholat. Jadi cucu beliau wara wiri didepan beliau gak diusah-usah (suruh pergi).

Jadi gak papa toh, kalau anak rada gangguin kita sholat?  Yang penting anak 'suci' maksudnya kalaupun pake popok anak, popoknya baru ganti, bukan yang udah nyimpen pipis.

Tetapi gimana kalau anaknya gangguin jamaah yang lain? Nah ini masalahnya emang.

Kalau aku sendiri, tarawihan tahun lalu praktis sholat di rumah saja. Bukan gak pengen ajak Adra anakku ke mesjid, masalahnya Adra itu aktif banget. Pernah ikut ayahnya sholat maghrib jamaah di mesjid, dia lelarian diantara jamaah, narik narik sarung jamaah. Kadang diam didepan jamaah sambil matanya melihatin jamaah itu terus sambil senyam senyum.

Tadi malam, pas tarawih pertama Ramadhan, kami jamaahnya di rumah yangti Adra di Pancoran. Sholat disini sekalian rayain ultah yangtinya. Pas kami jamaah tarawihan, ada tantenya yang lagi gak sholat, jadi bisa jagain nih bocah. 

Itupun dia sempat kabur ke area sholat jamaah, sambil narikin semua sajadah. Setiap punggung makmum ditepukin. Dan pas didepan aku, nemprok dipangkuan. Untung tantenya bisa bujukin main lagi yang kreatif, naruh buah buahan diatas senar gitar. Adra tertarik, dan main lagi sama tantenya. 

Jadi kalau mau bawa ke mesjid untuk tarawihan ya aku emang belum pede, hehe. Khawatir bikin rusuh, hahaa. Kalau sholat ied yang 2 rakaat, masih bisa dibujuk. Kalau sholatnya lama seperti tarawih dan ada ceramahnya, ya mending aku sholat dirumah aja deh. Apalagi nih anak larinya kenceng banget, bisa bisa pas kita sholat udah kabur keluar doi.