Mohon tunggu...
Ilmiah Siregar
Ilmiah Siregar Mohon Tunggu... Mahasiswa universitas islam negeri Sumatera Utara

Nama :ilmiah siregar Nim : 0102171004 Fakultas : dakwah dan komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kesadaran dan Kepedulian terhadap Covid-19

13 Agustus 2020   20:03 Diperbarui: 13 Agustus 2020   20:05 87 0 0 Mohon Tunggu...

KESADARAN DAN KEPEDULIAN TERHADAP VIRUS COVID -- 19

Penulis : Ilmiah Siregar
Peserta: KKN-DR Kelompok 160 UINSU
Fakultas : Dakwah dan Komunikasi
Jurusan : Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI)
Instansi : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU)

Penyakit coronavirus (COVID-19) merupakan virus yang menyerang system pernapasan. Corona ini merupakan jenis baru dalam coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini sangat berbahaya terhadap tubuh kita bahkan virus ini juga dapat menyebabakan kematian. . Kasus virus corona di ketahui sejak terjadinya penyakit misterius di kota Wuhan, Hubai, Negara china. Tragedy ini  pada akhir Desember 2019 tersebut berlanjut hinggah terjadinya penyebaran virus corona yang sangat besar mewabah keseluruh dunia.

Setiap Negara-negara di dunia yang terdeteksi adanya wabah corona  melakukan tindakan cepat untuk mencegah penyebaran virus corona agar tidak banyak orang yang tekrena virus ini. Terkhusus di Negara kita Indonesia sudah terjadi penyebaran virus Covid-19  di beberapa wilayah.untuk pencegahan terjadinya penyebaran Covid-19 pemerintah mengeluarkan peraturan baru, yaitu menerapkan pembatasan social berskla besar ( PBSB ) atau pembatasan kegiatan masayrakat ( PKM ) dan penerapan protocol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 tetap dilakukan sesuai dengan prosedur pemerintah.

Banyaknya masyarakat yang tidak memiliki kesadaran diri membuat virus ini menyebar  luas dan menambah pasien yang terinfeksi Covid-19,  misalnya masih banyak di antara masyarakat yang tidak menggunakan masker di tengah maraknya pandemic Covid-19, dan tidak mencuci tangan jika keluar-masuk dari rumah. Bukan hanya itu saja masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi pemeritah dan masih banyak yang melanggar peraturan yang sudah di terapkan oleh pemerintah. Dengan hal ini maka tidak heran penyebaran virus Covid-19 sangat cepat dan semakin meningkat dalam perharinya.

Dengan kurangnya kesadaran  masyarakat membuat virus ini semakin hari semakin meningkat dan bertambahnya pasien yang terinfeksi virus Covid-19. Hal ini membuat setiap individu dituntuk untuk memiliki kesadaran dan kepedulian diri terhadap kesehatan sendiri. Dan masyarakat juga harus di tuntut untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap terjadinya penyebaran virus Covid-19 ini. Factor-faktor penting yang perlu di perhatikan adalah partisipasi sesame masyarakat aktif, kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam mendukung upayah dalam memutuskan penyebaran virus Covid-19.

Dalam hal untuk meminimkan kasus virus Covid-19 di Indonesia ini pentingya kesadaran kemanusian dalam diri masyarakat itu sendiri, dengan hal dimana kebijakan pemerintah akan berjalan lancer secara efisien dan efektif apa bila kita sebagai masyarakat mengikuti dan melaksanakan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. dan menjadikan Indonesia akan semakin membaik dan bisa mencegah wabah virus Covid- 19 ini.

Kesadaran dan kepedulian diri sangatlah penting untuk keadaan seperti sekarang ini dengan cara menjaga diri tetap dirumah, memakai masker setiap ingin hendak keluar rumah, rutin mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan, menjaga pola maskan yang sehat, dan melalukan anjuran atau perintah pemerintah yang diperintahkan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini. Dalam keadaan saat ini tidak ada di antara kita yang saling menyalahkan tetapi kita harus intropeksi diri masing-masing untuk kesadaran dan kepedulian terhadap wabah pandemic Covid-19. 

Kejadian ini merupakan takdir yang sudah ditentukan oleh tuhan. Mungkin dengan terjadinya wabah ini kita sebagi masyarakat sadar atas cobaan yang telah di berikan kepada kita sebagai hambahnya. Setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Maka dari itu marilah kita mendetkan diri terhadap tuhan yang maha esa. Dan kita sebagai masyarakat sadar atas apa yang terjadi dan menimpah dunia ini.

Pentingnya kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk melawanancaman dan penyebaran pandemic Covid -19 ini. Jangan hanya para dokter dan pihak medis atau kesehatan yang ikut berperan di saat keadaan sekarang ini untuk menhadapi pandemic Covid-19 ini, kita sebagai masyarakat juga harus ikut berperan untuk menghadapi pandemic ini tidak harus perlu turun ke lapangan , dengan hanya kita tetap dirumah saja, menjaga kesehatan dan memiliki rasa saling peduli kepada orang-orang yang membutuhkan dengan menyisihkan sedikit rezeki dan meluangkan waktu untuk berdoa dan beribadah untuk kesembuhan dunia ini.

"Kita harapkan masyarakat sadar dan peduli dengan kesehatanya maupun sekitarnya. Jika masyarakat patuh dan disiplin menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah maka penularan virus semakin menurun," (MC.Isen Mulang/Rani/yk).

VIDEO PILIHAN