Mohon tunggu...
Ilman Nafian
Ilman Nafian Mohon Tunggu... Blogger

Blogger, Influencer, Pegiat Duta Damai BNPT (Duta Damai Jabar), Pegiat Pariwisata (GenPI Jabar), Twitter dan Instagram : @ilmannafi_an Blog Pribadi: kabarilman.com

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Kunto Aji Sambangi Pasar Berbatik Cikadu Pandeglang

29 September 2018   07:25 Diperbarui: 29 September 2018   07:56 499 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kunto Aji Sambangi Pasar Berbatik Cikadu Pandeglang
Kunto Aji di Pasar Berbatik Cikadu Pandeglang, Jumat(28/9)

Suasana di lapangan yang bertempat di Kampung Cikadu, Pandeglang tak seperti biasanya begitu riuh dan ramai pengunjung yang silih berganti, sebab pantauan di lapangan hari ini bakal ada Pasar Berbatik Cikadu Pandeglang. Pasar Digital besutan GenPI Banten ini memiliki keunikan tersendiri, karena pasar digital selain menyuguhkan kuliner lokal juga memperkenalkan kepada masyarakat dengan membeli koin di pasar digital, sehingga pengunjung membeli dengan koin yang sudah ditukarkan.

Sebelumnya, GenPI Banten telah sukses membentuk Pasar Kaulinan Menes di Menes, Pandeglang dan juga Pasar Kampoeng Markisa di Tangerang. Kini, kesuksesan tersebut terulang kembali pada perhelatan Pasar Berbatik Cikadu ini. Nuansanya kental dengan batik-batik yang merupakan khas di Kampung Cikadu tersebut.

Menteri Pariwisata Arief Yahya
Menteri Pariwisata Arief Yahya
Event ini berbarengan  dengan Festival Tanjung Lesung 2018 yang dilaksanakan pada 28-30 September 2018. Sebagai informasi, acara ini hasil kerjasama antara Dinas Pariwisata Banten, Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, dan pihak-pihak sponsor yang turut mendukung pembuatan Pasar Berbatik Cikadu. Pasar Berbatik Cikadu ini diresmikan langsung oleh Menteri Arief Yahya pada Jumat, (28/9).

Pasar Digital diluncurkan Genpi Banten dan Genpi Pandeglang ini bertujuan untuk menjadi daya tarik wisatawan agar bisa tau dan mau berkunjung ke Pasar Digital yang sudah dikonsep oleh Menpar Arief Yahya agar pasar digital dikenal banyak wisatawan.

14-5baecd4a677ffb193971ea15.jpg
14-5baecd4a677ffb193971ea15.jpg
Peresmian Pasar Berbatik Cikadu ini begitu unik dan spektakuler. Mengapa? Karena pada event peresmian Pasar Berbatik Cikadu yaitu menampilkan 100 Penari yang beratraksi didepan @menpar.ariefyahya sebagai simbol penyambutan.

Selain itu juga, ada berbagai keramaian saat berada di peresmian Pasar Berbatik Cikadu. Salah satunya adalah perlombaan menulis dan bercerita, Pelatihan-pelatihan, lomba mewarnai Batik, Masak bareng Chef, lomba melukis gerabah, sharing-sharing sessions bersama komunitas dan banyak sekali hiburan yang disuguhkan.

Meski panas mendera, semangat adik-adik Sekolah Dasar yang berasal dari wilayah tanjung lesung ini begitu antusias mengikuti lomba mewarnai Batik.

Oh ya, Pasar Berbatik Cikadu ini mulai dibuka pukul 08:00 WIB sampai dengan 16:00 WIB dan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 28-30 September 2018.

Dihari pertama, 28 September 2018 ada lomba Bercerita tentang sejarah Kampung Cikadu. Dimana para peserta diambil dari pengunjung yang berminat dalam bidang tulis menulis.

Selain itu juga ada Lomba Membatik. Lomba-lomba yang diadakan untuk umum. Bukan hanya perlombaan, permainan tradisional dan hiburan saja.

Pasar Berbatik cikadu ini menyuguhkan beragam jenis olahan makanan tradisional seperti jajanan Gengsot khas Cikadu, Nasi Gadung, Keripik Gadung, Wajik, Kue Setan dan berbagai jajanan lainnya. Makanan yang tersedia di Pasar ada Kue Setan, Gengsot, Nasi Kutang (Kulit Tangkil), Latek, Air Lahang, Kikiping Ayam dan lainnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x