Mohon tunggu...
Ilhanisya Shevafuxiana
Ilhanisya Shevafuxiana Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030045)

likes to watch movies and read novels.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Self Healing: Penyembuhan Luka Batin

16 Juni 2021   22:09 Diperbarui: 16 Juni 2021   22:12 68 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Self Healing: Penyembuhan Luka Batin
Sumber: Pixabay.com

Setiap orang pasti pernah merasakan luka batin dengan alasan yang berbeda-beda. Karena dalam hidup, pasti banyak peristiwa yang baik maupun buruk terjadi.

Terkadang peristiwa yang terjadi itu bisa menimbulkan trauma atau perubahan dalam pribadi seseorang, baik dalam mengambil suatu keputusan, merespon terhadap suatu hal, atau bagaimana mereka akan bertindak dalam sebuah lingkungan dan untuk orang lain.

Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi rasa sakitnya? Salah satu cara jitunya adalah dengan melakukan self healing.

Jadi apa sebenarnya self healing ini? Self healing adalah proses pemulihan yang umumnya terjadi akibat gangguan psikologis, trauma, dan sejenisnya karena adanya luka batin masa lalu yang disebabkan oleh diri sendiri atau orang lain.

Tujuan dari self healing ini adalah untuk mengenali dan memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, serta membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi. Selain itu, kamu juga dapat menyelesaikan masalah yang masih ada di dalam dirimu.

Lantas bagaimana kita dapat melakukan self healing? Mari kita simak langkah-langkah berikut ini, yuk!

1. Menerima Diri Sendiri

Hal ini memang dirasa paling sulit, karena kita pasti sering merasa ingin menjadi orang lain. Melihat betapa keren atau suksesnya orang lain, atau mungkin merasa nasib orang lain lebih beruntung membuat kita ingin menjadi orang itu.

Jadi memang permasalahan yang paling sering terjadi adalah kita sendiri yang tidak bisa menerima diri sendiri apa adanya.

Karena terlalu berkonsentrasi dan fokus pada  situasi yang tidak nyata itulah yang membuat segalanya terlihat menjadi lebih buruk, dan pada kasus terberatnya bisa mempengaruhi masa depan.

Jadi, coba mulai sekarang untuk luangkan waktu sejenak untuk menerima diri apa adanya, ya. Pikirkan apa saja sisi baik maupun buruk dari dalam diri kita, lalu renungkan kesalahan dan kegagalan apa saja yang pernah kita dapatkan dari masa lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x