Mohon tunggu...
Ilhan Hakiki
Ilhan Hakiki Mohon Tunggu... Private

Ubahlah Keputusasaan Menjadi Harapan

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Laporan Kegiatan Membaca Buku

1 Oktober 2020   10:35 Diperbarui: 1 Oktober 2020   10:42 26 1 1 Mohon Tunggu...

Judul Buku : Hati- Hati Mengatakan Anda Tidak Sakit Jiwa
Pengarang : Agustinus Sipayung
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Kota Terbit : Jakarta

Prakata
Menguraikan tentang tujuan penulis menulis buku ini, mempromosikan pentingnya kesehatan jiwa berdasarkan pengalaman pribadi si penulis.

Daftar Isi
Poin-poin yang akan di uraikan dalam buku ini.

Apa Dasarnya?
Salah satu alasan penulis ingin menulis buku ini adalah karena penulis ingin membagikan sebagian besar pengalamannya terutama pada saat penulis merasakan gangguan jiwa itu, serta harapan penulis agar pembaca menyadari bahwa kesehatan jiwa sama pentingnya dengan
kesehatan jasmani.

Tingtong
Orang yang mengalami gangguan jiwa tidak selalu berarti orang gila. Banyak gangguan jiwa ringan yang tidak disadari, seperti orang yang
mengalami depresi atau stress berat, seseorang yang sebelumnya sangat rajin bekerja menjadi sering bolos, ataupun orang yang selalu
menyumbar pandangan buruk terhadap orang lain.

Cara Cepat Membuat JiwaAnda Terganggu
Cara cepat membuat jiwa terganggu ; biasakan untuk menyalahkan diri sendiri, biasakan untuk tidak menerima kegagalan, menarik ke diri sendiri setiap terjadi hal buruk pada orang lain, selalu berfikir negatif, perbanyak berkhayal, mengonsumsi obat-obatan terlarang, hidup menjadi orang yang ambisius, dan biasakan untuk tidak bergaul dengan orang lain.

Pentingnya Kesehatan Jiwa?
Pada dasarnya apa yang dialami penderita gangguan jiwa tidak berbeda dengan orang normal. Mereka merasakan sedih, frustasi, down, marah, takut, stress. Namun bedanya semua kondisi itu dialami secara ekstrem
dan kadang tidak terkontrol. Maka dari itu jagalah kesehatan jiwa, agar tidak mengalami hal-hal itu.

Anda Cerdas Anda Gila?
Orang genius dari kalangan peneliti maupun seniman lebih dekat dengan gangguan kejiwaan jika dibandingkan dengan orang biasa. Halusinasi dari penderita schizophrenia dapat menjadi inspirasi dari sebuah karya seni. Adapun orang yang menderita mania-depresi memiliki pemikiran yang bergerak cepat, hal itu membuat si penderita dapat mudah berbicara dari satu topik ke topik lain. Mereka juga dapat menggabungkan ide dan pikiran yang tidak pernah dihubungkan. Karakter ini sangat mirip dengan cara berfikir orang yang cerdas.

Kapan Anda Perlu Mempertanyakan Kesehatan Jiwa Anda
Penulis memberikan beberapa pertanyaan sebagai indikasi pembaca untuk mengecek kesehatan jiwa pembaca.

Hukum Sebab Akibat
Gangguan jiwa diakibatkan oleh factor eksternal (lingkungan, stressor). Seseorang tidak akan mengalami paranoid jika dia hidup dalam suasana happy, ceria dan penuh cinta kasih. Faktor eksternal penyebab gangguan
jiwa dapat muncul saat dewasa ataupun saat kanak-kanak. Gangguan yang muncul saat dewasa umumnya lebih mudah diatasi.

Hati-Hati! Gangguan Kejiwaan Bisa Menular
     Orang yang mengalami gangguan jiwa dapat menularkan cara berpikirnya atau perasaannya yang menyimpang pada orang-orang yang
ada di sekelilingnya. Contohnya seorang ibu yang menderita schizopherenia dapat menularkan cara berfikirnya pada anak perempuannya, sehingga saat dewasa sang anak akan terbiasa meniru cara berfikir ibunya.

Sesuatu di Masa Lalu
     Lupakan masa lalu yang mengganggu pikiran, lalu rubah cara berpikir tentang masa lalu itu. Hal itu akan menjadi solusi terbaik untuk mengatasi penyebab gangguan jiwa.

Depresi: Saya Sedih Sekali
     Menjelaskan tentang depresi, pengalaman penulis menglami depresi disaat penulis masih kuliah, perasaan orang saat depresi, persentase
orang yang terkena depresi dan ada beberapa pertanyaan untuk mengetahui apakah pembaca sedang mengalami depresi atau tidak.

Fobia: Saya Takut Sekali
     Menjelaskan tentang fobia, pengalaman penulis mengalami fobia disaat penulis masih SMP, macam-macam jenis fobia dan faktor-faktor yang membuat seseorang terkena fobia.

Stres: Jangan Lama-Lama
     Menjelaskan tentang stress, perasaan orang yang sedang stress dan beberapa pertanyaan untuk mengetahui tingkat stress pembaca.

Paranoid: Saya Benci Kalian
     Menjelaskan tentang paranoid, pengalaman penulis mengalami paranoid disaat penulis masih SMP, cara menyembuhkan penderita paranoid yang belum atau sudah akut dan beberapa pertanyaan untuk mengetahui
apakah pembaca mengalami paranoid atau tidak.

Schizophrenia: Ini Duniaku!
     Menjelaskan tentang schizopherenia, ciri-ciri gangguannya, pengalam penulis saat terkena schizopherenia dan beberapa pertanyaan untuk mengetahui apakah pembaca sedang mengalaminya atau tidak.

Psikopat: "Saya Senang Anda Menderita"
     Menjelaskan tentang psikopat, ciri-ciri orang yang sedang mengalaminya dan beberapa pertanyaan untuk mengetahui apakah
pembaca seorang psikopat atau tidak.

Bagaimana Saya Mengatasi Fobia: Hadapi Tembokmu!
     Penulis menjelaskan bahwa penyakit fobia yang dialaminya harus membuatnya pergi ke psikolog untuk melakukan terapi dan penulis
harus mengatasi fobianya dengan melawan sendiri ketakutannya.

Atasi Depresi: Sadari, Ajak Teman dan Hadapai
     Cara paling ampuh untuk mengatasi depresi adalah dengan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat untuk melupakan
masalah yang membuat dia depresi, carilah akar permasalahannya dan terimalah kondisi kita saat ini.

Cara Mengatasi Paranoid:"Pacaran & Keahlian"
     Berdasarkan pengalaman penulis, salah satu cara untuk mengobati paranoid adalah dengan berpacaran. Karena dengan berpacaran penulis dapat menemukan orang yang benar-benar dekat dengannya, selalu memberikan perhatian dan yang terpenting mau berkorban sedikit
sehingga membantu mengubah pandangan buruk tentang orang lain.

Berpikir Realistis
     Orang yang memiliki harapan terlalu tinggi yang mustahil dia capai sudah dipastikan akan sering merasakan terkanan pada dirinya. Maka dari itu mulailah untuk merubah tujuan besar menjadi tujuan kecil, pilih tujuan yang standar dan realistis, lalu evaluasi diri sendiri.

Apa Kata Karl Marx Tentang Pekerjaan
     Bekerja adalah hal yang penting bagi kehidupan. Tapi jika melarutkan diri di dalamnya seseorang akan mengalami kejenuhan. Batasi hasrat dalam mencari uang sebanyak-banyaknya. Bagi waktu antara pekerjaan dan di luar pekerjaan.

Apa Kata Kaum Spiritualisme Terhadap Kesehatan Jiwa
     Bagi kaum spiritualisme, sumber kebahagiaan tidak berasal dari sesuatu di luar kita melainkan dari dalam diri. Kehidupan tidak seharusnya dituntun angan-angan. Semua bergantung pada cara seseorang memandang kehidupannya.

Apakah "itu" Membuat Anda Mati?
     Rasa takut sering kali membuat orang menjadi ambisius, cemburu buta, kejam, hiperprotektif. Seseorang yang takut di rendahkan akan membuat dirinya menjadi berani melakukan apa saja untuk menaikan
kehormatanya.

Mari Kita Saling Memaafkan
     Agar tidak terjadi gangguan jiwa pada orang lain maka mulailah saling memaafkan. Karena jika rasa benci terus berlanjut, maka akan berakibat fatal untuk kedepannya. Banyak kasus kekerasan disebabkan oleh rasa benci ditambah tekanan yang kuat, sehingga menguatkan mentalnya untuk melakukan kekerasan pada orang lain.

Be Positive!
     Penulis mengajak pembaca untuk berfikir positif, memberikan cara agar pembaca terbiasa berfikir positif, penulis menyediakan test untuk mengetahui apakah pembaca terbiasa berfikir positif atau tidak.

Munculkan Diri Kanak-Kanak Dalam Diri Anda
     Menjelaskan bahwa pemikiran anak-anak selalu riang dan gembira, hal itu akan membuat seseorang lepas dari tekanan di sekitarnya.

Persahabatan Seperti Kepompong
     Menjelaskan bahwa persahabatan secara sehat dapat mengurangi resiko gangguan jiwa. Bercerita pada sahabat untuk mengurangi beban pikiran.

Mari Berkebun dan Memelihara Binatang
     Memelihara tanaman atau binatang dapat memberikan rasa rileks di lingkungan rumah. Warna hijau dedaunan dapat menenangkan suasana saraf.

Mari Kita Berelaksasi
     Solusi lain untuk mengatasi stres dan depresi  adalah dengan relaksasi secara berkala. Penelitian mengatakan bahwa relaksasibisa
meningkatkan energi dan konsentrasi, menghadapi penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kemampuan
menyelesaikan masalah serta motivasi dan produktivitas.

Hebatnya Kekuatan Curhat
     Penulis kembali menekankan untuk melepaskan beban pikiran dan menceritakannya pada orang lain, seperti orang tua, sahabat atau pacar.

Sediakan Waktu untuk Rekreasi
     Berlibur bersama keluarga akan mengurangi tingkat gangguan jiwa.

Bergurulah pada Si Kecil
     Dengan meniru si kecil yang periang, bebas, memaafkan akan membuat perasaan ikut senang.

Meditasi untuk Kesehatan Jiwa dan Jasmani
     Menjelaskan pengertian meditasi, manfaat meditasi dan cara melakukan meditasi.

Sehat Tubuh Sehat Jiwa
     Di akhir, penulis kembali mengingatkan bahwa bukan hanya kesehatan jiwa yang harus diperhatikan. Tubuh seseorang harus tetap sehat, karena di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat juga.

Penutup
     Penyampaian harapan penulis untuk bukunya, amanat dari penulis agar kita tetap mencari informasi baru tentang kejiwaan, penulis kembali menyimpulkan isi dari bukunya.

Daftar Pustaka
     Daftar web dan buku-buku yang dijadikan referensi oleh penulis sebagai sumber ide menerbitkan buku ini.

Profil Penulis
     Profil hidup penulis buku "Hati-Hati Mengatakan Anda Tidak Sakit
Jiwa".

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x