Mohon tunggu...
Ilham Try Octavian
Ilham Try Octavian Mohon Tunggu... Seniman - saya

bisa semangat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ngalap Barokah Sunan Kudus

8 Agustus 2022   19:47 Diperbarui: 8 Agustus 2022   22:49 101 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sego jangkrik ngalap barokah Sunan Kudus

8 Agustus 2022, hari dimana kudus mengadakan Buka luhur  di sunan kudus Jafar Sodiq peringatan haul satu tahun satu kali setiap bulan suro. Saya sendiri penasaran dengan acara buka luhur membersihkan kain di makam sunan kudus dan masih ada yang belum saya sebutkan atau yang terakhir dari puncak  dundum Sego Jangkrik. 

Sego Jangkrik ini adalah acara peringatan yang di dalam berisi  Nasi dan daging kerbau dan dibungkus menggunakan  daun Jati.Ngalaap barokah sunan kudus kata orang-orang tua yang sekarang kita yang meneruskan selogan tersebut.

nagapbarokah. Dokpri
nagapbarokah. Dokpri

Saya sendiri datang dari Rumah jam 1 malam dan saya kira puncak acara jam 3 temunya saya mencari informasi jam 5 subuh setelah sholat, banyak warga yang berbondong, dan saya inget pesan Alm bapak dulu yang masih muda setiap acara asuro buka luhur beliau hadir dan mengalap nasi jangkrik mbah sunan.

Waku saya mengantri dengan warga saya terheran dengan warga yang antusias datang dan berbondong. 

dan saat mulai ternyata dorongdan desak desaakan dan tercepit bagi orang yang kecil, kasian tetapi ada penjaga dari acara haul, saya kaget dan teringat pesan bapak dulu, "Ham dulu q waktu acara buka luhur mbah sunan, bapak tubuh kecil tapi berotot lah bapak di dorong dorong lah bapak langsung berlari di kepala orang-orang. sambil tertawa" temunya bener juga kata Alm bapak saat saya melihat anak anarkis yang mendorong. tetapi sekarang tidak Estrim dulu. 

Dokpri
Dokpri

nagalap barokah sego jangkrik seru, banyak pengalaman yang terjadi apalagi saya baru pertama dengan teman saya ucil.  

mulai jam 5 pagi sampe selesai jam 7 saya melihat orang yang menjual nasi jangkrik, temunya jadi orang itu mengantri lagi mencari tempat jalan tikus jadi mereka dapat nasi 5-9 bungkus. dijual Rp.50.000 ribu, tetapi banyak menawar hingga Rp.40.000 dan itu saya di tawarin anak usia Remaja nasi jangkrik Rp. 30.000 jadi saya ambil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan