Mohon tunggu...
ILHAM SUMARGA
ILHAM SUMARGA Mohon Tunggu... Lainnya

Sebuah celotehan dalam tulisan~

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

B29, Negeri di Atas Awan

14 Agustus 2019   07:15 Diperbarui: 14 Agustus 2019   09:28 0 6 4 Mohon Tunggu...
B29, Negeri di Atas Awan
foto: silviana noerita

Alhamdulillah, bersyukur kepada Tuhan yang mana kuasa. Setelah sekian lama beraktifitas dengan kegiatan mengajar dan kuliah, di hari selasa. 13 Agustus 2019, saya dan noe bisa berlibur di B29, Negeri di Atas Awan.

B29 sendiri berlokasi di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Dan liburan kemarin kami di bantu dengan menggunakan GPS dari maps di gawai. 

Karena memang, liburan di B29 baru pertama kali. Jadi maklum, apabila masih minim pengetahuan tentang jalan yang di tempuh dari tempat berangkat sampai ke lokasi.

Kami berangkat dari Malang pada hari senin, 12 Agustus 2019, pukul 12.00 waktu setempat. Start awal memulai pertualangan kali ini ditemani dengan kendaraan bermotor supra x 125 tahun 2013. 

Seperti ritual awal kami sebelum berpertualang, harus mencari referensi dari google. Dan banyak ulasan yang hematnya menyebutkan: bisa menggunakan kendaraan roda dua.

Perjalanan dari Malang bisa di tempuh banyak jalur, bisa mencoba jalur dari selatan, utara, ataupun dari arah lawang. Kemarin, kami mencoba melewati jalur di lintas selatan Malang. Rute di jalur lintas selatan memang berkelok, akan tetapi memiliki kesan menarik jika kita ingin menikmati suasana desa di ketinggian perbukitan.

Perjalanan untuk sampai ke B29 memang tidak begitu sulit. Tetapi dari perjalanan kami kemarin, waktu yang di pakai sangat lama. Akhirnya tiba di kecamatan Senduro tepat pukul 17.45 waktu setempat. Dengan terpaksa kami menenangkan diri di indomart terakhir disana.

Perjalanan kami sempat makan mie ayam dan bakso di daerah dampit, kabupaten Malang. Dan banyak berhenti untuk istirahat, oleh karenanya lebih banyak memakan waktu untuk tiba ke lokasi wisata B29. 

Setiap perjalanan, memiliki cerita yang berbeda. Setelah pukul 18.00 waktu setempat, kami berangkat ke masjid terdekat dari indomart terakhir di kecamatan Senduro. Setelah agak tenang, dan mencari informasi dari beberapa warga setempat disana, dapat kami simpulkan bahwa: lajur arah Senduro sampai ke B29 aman.

Kami mencoba nekat, walaupun dengan kondisi yang lumayan lelah, dan kami pun mencoba menerobos kegelapan malam. Dan di jarak kurang lebih 15 km dari indomart terakhir, suasana mulai berkabut. Awalnya kami resah, karena takut kejadian tidak menyenangkan terjadi, seperti jatuh di tipi jurang. 

Sekedar tips bagi pejalan yang ingin liburan di B29, usahakan jika ingin camp diatas, sampailah sebelum matahari tenggelam. Sebab, perjalanan di malam hari bukan lah solusi yang bijak. Sangat beresiko, ditambah lagi dengan kabut tebal, dan jalan minim penerangan. Karena pemukiman warga yang sudah tidak ada lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4