Mohon tunggu...
Ilham Rasyid
Ilham Rasyid Mohon Tunggu... Guru - Penulis

Berbagi informasi yang valid dan aktual untuk kita baca bersama

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Perangkap Clickbait, Judul Menarik Dengan Isi yang Tidak Relevan

26 September 2022   10:56 Diperbarui: 26 September 2022   11:29 119 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: indonesiagodigital

Sekarang ini sudah banyak media online yang menggunakan clickbait, bagi para milenials yang aktif di sosial media pasti tidak jarang menemukan clickbait di timeline media sosial.

Seringkali saat kita mengklik atau membuka berita tersebut yang keluar dari berita itu malah tidak sesuai dengan judul yang ada, dan itu sangat menjengkelkan.

Clickbait merupakan salah satu strategi untuk mengajak dan membuka berita yang dibuat oleh suatu media, baik media online ataupun media sosial, kemudian setelah dibuka mereka akan mendapatkan keuntungan dari si pembaca yang mengklik atau membuka berita tersebut.

Penggunaan clickbait sampai saat ini masih menjadi perdebatan, walaupun mayoritas mengatakan bahwa hal itu kurang baik.

Clickbait mengajak banyak orang untuk lebih berfikir kritis terhadap suatu konten atau berita. Walaupun menggunakan clickbait masih banyak yang menganggap itu buruk, tetapi ada juga yang menganggap bahwa itu diperbolehkan, karena dengan begitu media akan mendapatkan keuntungan dari si pembaca yang mengklik atau membuka berita atau konten tersebut, dan itu sesuai dengan undang-undang pers.

Dilansir dari Tech Crunch, clickbait adalah tindakan menjanjikan sesuatu secara bombastis yang biasa ditemukan pada caption sosial media, judul berita, dan lainnya.

Bisa disimpulkan bahwa clickbait adalah judul berita atau konten yang menarik, tetapi isinya tidak sesuai dengan apa yang telah dijanjikan.

Seperti yang kita ketahui bahwa era digitalisasi sekarang makin berkembang dan juga persaingan antarmedia makin ketat untuk  mendapatkan pembaca/viewers. Mungkin hal ini yang menyebabkan banyak media yang menggunakan clickbait sebagai jurus jitu untuk menarik perhatian para pembaca agar mendapatkan keuntungan.

Sebaiknya seorang penulis/jurnalis dalam sebuah media lebih berhati-hati dalam menulis judul berita, dikarenakan hal ini dapat mengurangi kepercayaan para pembaca terhadap media tersebut dalam mencari berita. Meskipun ingin meningkatkan ketertarikan para pembaca, usahakan untuk tidak menggunakan clickbait agar para pembaca tidak pergi ke media lain untuk mencari berita yang lebih valid.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan