Mohon tunggu...
Ilham Ramadhan
Ilham Ramadhan Mohon Tunggu... mahasiswa

kuliah di Universitas Negeri Padang

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Kesalahan Berbahasa pada Peserta Didik

15 Desember 2019   23:14 Diperbarui: 15 Desember 2019   23:14 14 0 0 Mohon Tunggu...

Kesalahan berbahasa adalah penggunaan bahasa yang menyimpang dari kaidah bahasa yang berlaku dalam suatu bahasa. Kesalahan berbahasa dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Berbagai kesalahan berbahasa dimulai dari kesalahan karena "membetulkan" bentuk yang sudah benar sehingga menjadi salah dan kesalahan berbahasa karena pengaruh bahasa asing. Padahal kita mempelajari bahasa Indonesia di sekolah maupun di kuliah.

Sebagai warga negara mempelajari bahasa Indonesia merupakan salah satu wujud cinta kita kepada Indonesia. Dengan mempelajari bahasa Indonesia seharusnya kita dapat berbahasa yang baik dan benar. Tetapi mengapa masih terdapat banyak kesalahan dalam berbahasa? Wenfen (2010) menemukan kesalahan dalam pembelajaran bahasa dari segi ejaan, leksikon, dan kesalahan pragmatis. Dari hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa kesalahan peserta didik diakibatkan dari strategi pembelajaran yang kurang tepat.

Guru dapat mengetahui kemampuan peserta didik dengan cara memberikan tugas. Tugas tersebut dapat berupa membuat sebuah teks kemudian teks tersebut dibacakan di depan kelas. Tidak hanya itu, guru juga harus memperbaiki kesalahan berbahasa peserta didik agar nantinya kesalahan tersebut tidak di ulang lagi. 

Kesalahan yang tidak diperbaiki akan dianggap benar oleh peserta didik, sehingga peserta didik sulit membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Kesalahan berbahasa banyak di jumpai di mana-mana, seperti di penulisan spanduk, koran, surat, dan lain-lain. Hal itu dapat menambah kebingungan peserta didik mengenai berbahasa yang benar dan yang salah.

Guru mengambil peran penting dalam memperbaiki kesalahan berbahasa peserta didik. Dengan cara memberikan latihan membuat teks, kemudian guru mengoreksinya dan memberi tahu yang benar sampai kesalahan tidak terjadi lagi. 

Begitu seterusnya sehingga peserta didik memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Oleh sebab itu, kesalahan dalam berbahasa dapat berkurang, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam kaidah kebahasaan.  

Ilham Ramadhan

Nurul Fitri

Rizka Dwi Rahmayani

Tressyalina

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x