Bahasa

Penggunaan Kata "Card Reader" Lebih Familiar dibandingkan kosakata dalam Bahasa Indonesia

11 Juli 2018   22:09 Diperbarui: 11 Juli 2018   23:14 213 0 0

Pada zaman modern saat ini, nampaknya perkembangan teknologi menduduki posisi teratas yang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima, teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Dalam hal ini, teknologi sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Terlebih, teknologi tidak memandang usia dalam penggunaannya.

Tidak hanya itu, perangkat teknologi khususnya komputer dan laptop memudahkan penggunanya untuk membuat dokumen, mengedit gambar, menonton video, mencari berita, menyimpan dan mentransfer data, serta masih banyak lagi. Dalam penggunaan fungsinya, komputer dan laptop dibantu oleh alat tambahan, salah satunya card reader.

Kata card reader merupakan istilah asing yang digunakan oleh masyarakat untuk menyebut perangkat berukuran kecil yang berfungsi untuk membaca kartu memori yang dihubungkan pada perangkat komputer melalui kabel data. Fungsi utama card reader yaitu menjadi perantara penghubung antara memori dengan komputer, gawai, maupun kamera.

Card reader memiliki 2 tipe, yaitu single slot dan multi slot. Single slot dalam hal ini memiliki 1 lubang sedangkan multi slot memiliki 4 lubang dalam penggunaannya. Kemudian kecepatan mentransfer data yang dimiliki card reader juga sangat baik dengan kecepatan membaca rata-rata 37,4 MB/s dan kecepatan menulis rata-rata 17,6 MB/s. Hal ini yang membuat card reader layak dimiliki dan sangat membantu setiap manusia dalam penggunaannya.

Card reader merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang memiliki arti 'kartu pembaca'. Di Indonesia sendiri, kata card reader nampaknya lebih familiar digunakan oleh masyarakat karena masyarakat Indonesia pun dalam pengunaannya lebih sering menggunakan bahasa Inggris yakni card reader. Alangkah baiknya kata card reader diganti dengan kosakata bahasa Indonesia yang lebih tepat.

Dalam hal ini, sebaiknya kata card reader diganti menjadi 'diska baca'. Melihat dari pengertian 'diska' sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima, diska adalah peranti untuk menyimpan informasi atau data dalam komputer. Sedangkan 'baca' pada kata 'diska baca' merupakan kata dasar dari kata reader pada kata card reader yang memiliki arti baca. Jadi, kata diska baca nampaknya lebih tepat dibandingkan kata card reader dalam penggunaannya di Indonesia.

Alangkah baiknya penggunaan kata card reader dalam kosakata bahasa Indonesia harus lebih disosialisasikan, tidak hanya kata card reader saja, melainkan kata flashdisk, memory card, hard disc, dan lain sebagainya. Upaya ini dilakukan agar masyarakat terbiasa dalam menggunakan bahasa Indonesia di manapun masyarakat berada.