Mohon tunggu...
Ilham Maulana
Ilham Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Indonesia

Olahraga/Sepak Bola/LIterasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Pembangunan Berkelanjutan Melalui Program Vertical Garden dan Bulan Bakhti Gotong Royong

17 Agustus 2022   01:34 Diperbarui: 17 Agustus 2022   01:39 214 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kelompok 9 KKN Tematik Kelurahan Gegerkalong (dokpri)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarkat Universitas Pendidikan Indonesia Menyelenggarakan Kegiatan Rutin Setiap Tahun yakni Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan tersebut merupakan aktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan KKN pada Tahun 2022 mengangkat tema " KKN Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's dan MBKM". Kegiatan pembukaan KKN Tematik Tahun 2022 di buka bersama Dr. Lenni Anggraeni pada tanggal 5 Juli 2022 secara daring melalui virtual zoom meeting dan live streaming Youtube Kanal LPPM Universitas Pendidikan Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan KKN di ikuti oleh mayoritas Mahasiswa angkatan 2019 yang akan memasuki semester 7. Pada kegiatan KKN Tematik Tahun 2022 dilaksanakan sesuai dengan domisili daerah yang di pilih sehingga pada pembagian kelompok KKN 2022  dapat disesuaikan dengan domisili mahasiswa. KKN Tematik UPI 2022 di bagi menjadi 149 kelompok besar yang disesuaikan dengan daerah tempat tinggal yang didaftarkan dalam website LPPM Universitas Pendidikan Indonesia

Pada artikel berita ini berisikan informasi menganai salah satu Program Kegiatan KKN Tematik UPI yang dilaksanakan oleh Kelompok 9 yang bertempatkan di RW 01 Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari. Tema yang diusung kelompok 9 yakni "Desa Insfratruktur dan Inovasi Kebutuhan". Konsep tema tersebut merupakan salah satu tujuan dari point yang ke-11 Sustainable Development Goals (SDGs) yakni menjadikan kota dan pemukiman yang inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan. Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

Berdasarkan fakta di lapangan. Kelurahan Gegerkalong merupakan wilayah dengan populasi penduduk yang padat. Badan Pusat Statistik pada tahun 2021 Semester 2 terdata populasi jumlah penduduk Kelurahan Gegerkalong sebesar 23.375 Jiwa. Padatnya populasi penduduk akanlah menimbulkan dinamika seperti terbatasnya ruang terbuka hijau, lingkungan kumuh, tingkat kesejahteraan masyarakat dan sebagainya. Dengan demikian harus ada terobosan dalam menanggulangi permasalahan tersebut.

 (dokpri)
 (dokpri)

 (dokpri)
 (dokpri)

 (dokpri)
 (dokpri)

Kegiatan Persiapan BBGRM XIX  (dokpri)
Kegiatan Persiapan BBGRM XIX  (dokpri)
Vertical Garden dan Bulan Bakti Gotong Royong merupakan salah satu program yang bisa menjadi terobosan dalam menuntaskan permasalahan tersebut. Pada konsep program Vertical Garden mengusung pemberdayaan lingkungan yang berkelanjutan dengan memanfaatkan lahan terbuka yang terbatas. Selain manfaat pemanfaatan lahan. Vertikal Garden dapat dimanfaatkan dalam unsur ekonomis serta estetika. Vertical garden dapat dimanfaatkan secara ekonomis melalui pemandaatan media tanam yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah seperti menanam sayuran atau bahkan tanaman hias. Vertical Garden dalam unsur estetika dapat memberikan kesan lebih indah  suatu wilayah dengan menanam suatu tanaman hias seperti wijayakusuma,philodendron,pepormia dan sebagainya.

 (dokpri)
 (dokpri)

Gotong royong adalah salah satu aktivitas sosial yang menjadi karakteristik masyarakat Indonesia. Termaktub dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Bulan Gotong Royong Masyarakat bahwasannya nilai-nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat perlu dilestarikan guna memperkuat integrasi sosial. Melalui Bulan Bakhti Gotong Royong merupakan sarana dalam menciptakan integerasi melalui partisipasi masyarakat.

Kegiatan Bulan Bakhti Gotong Royong XIX diselenggarakan di RW 01 Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari merupakan kegatan rutin setiap tahunnya.  Kegatan Bulan Bakhti Gotong Royong (BBGRM) XIX RW 01 Gegerkalong merupakan suatu implementasi dalam mewujudkan konsep utama dari nilai luhur pancasila yang berlandaskan gotong royong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan