Mohon tunggu...
Mochammad Ilham Helmy Syaputra
Mochammad Ilham Helmy Syaputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Just ask everything and be skeptic

Nurturing Scientific Culture. Find more on helmysaurus.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sruputan Kopi dan Elon Musk Mengenalkanku pada Psikologi Industri

21 September 2021   21:41 Diperbarui: 21 September 2021   21:53 164 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sruputan Kopi dan Elon Musk Mengenalkanku pada Psikologi Industri
sumber: Instagram @elonmuskk

Pernah nggak sih kalian waktu nongkrong sama temen tiba-tiba ngebahas sosok Elon Musk -- Jeff Bezos, atau Steve Jobs mengapa bisa kaya raya dengan usaha yang mereka miliki hingga  ditengah malam waktu mau tidur kalian kepikiran dan terus bertanya kepada diri kalian sendiri "Hmm kenapa ya mereka bisa kaya? 

Padahal diluar negeri nggak ada ngepet, jauh dari gunung Kawi pula". 

Kemudian dipagi hari sambil menyantap pisang goreng + kopi  buatan emak, kalian search di mesin pencarian online apa rahasia mereka, hingga tiba disebuah catatan yang menyatakan bahwa salah satu penyebab mereka bisa sukses karna keahlian mereka untuk memahami dan mempelajari perilaku karyawan sehingga mampu mendongkrak kreativitas -- memotivasi serta menciptakan iklim kerja yang nyaman bagi karyawan.

           

Setelah semakin jauh mendalami apa yang tertulis disitu akhirnya kalian tau bahwa bidang tersebut dinamakan Psikologi Industri. Bentar, mimin yakin kalau tiap-tiap dari kalian menggambarkan psikologi sebagai ilmu Penerawangan Sifat Manusia dan tiap bertemu mahasiswa atau dosen dari jurusan Psikologi suka was-was takut sifatnya kebaca atau malah kalian membusungkan dada sambil tanya bagaimana karakter orang yang kita cinta. Yakan? Ngaku deh! Mimin juga dulu gitu kok huahah. 

Yaudah deh kuy belajar bareng mimin tentang ilmu yang juga dikuasai oleh orang-orang yang jadi bahan diskusi  di tongkrongan kmaren malem.

Psikologi Industri? Apa tuh? Bukannya Psikologi sama Industri bersinggungan ya? Satunya Science satunya Busisness, kok dicampur aduk sih mimin ini.

Masih belum benar, pada nyatanya Psikologi industr adalah salah satu cabang dari ilmu Psikologi. Dimana Katz dan Kahn (1978) mendefinisikan Psikologi Industri sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam organisasi -- perilaku yang efektif bagi fungsi organisasi -- kepuasan dan kesehjateraan individu dan kelompok dalam organisasi. Definisi lebih ringkas lagi dikemukakan oleh Aamodt (2010), ia menyatakan bahwa Psikologi Industri adalah cabang dari ilmu Psikologi yang menggunakan prinsip / konsep Psikologi di lingkungan kerja.

Min, Psikologi Industri itu udah ada sejak kapan sih? Kok di pendefinisiannya ada ilmuan yang udah menjelaskan sejak 1978? Spill dong :v

Jadi gini, Psikologi Industri itu sebenarnya masih muda banget. Dia menjadi anak ke-14 yang dicetuskan di Abad 19 ini. Meski pembahasan mengenai dimana awal mulanya masih diperdebatkan oleh ilmuan, tetapi diambil beberapa kemungkinan dimana ilmu ini berasal dari Benua Amerika kalau gak gitu Benua Eropa. 

Dan walaupun ilmu ini masih bocil tapi fakta mengemukakan bahwa konsep yang dibawa oleh Psikologi Industri ini bermanfaat dan tetep relevan dengan perkembangan psikologis di tempat kerja. Terlebih ditahun 1981 hingga tulisan ini diketik, perkembangan ilmu ini tergolong eksponensial. Gimana enggak, kalau di tahun 1939 tercatat kurang dari 100 orang yang ahli dibidang ini, ditahun 1992 sebanyak 3.700 anggota professional dan 2.700 pelajar sudah bergabung menjadi anggota SIOP (Society of Industrial and Organizational Psychology).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan