Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Siklus Buruk Argentina di Tahun Berakhir 2 Berlanjut?

14 November 2022   05:52 Diperbarui: 14 November 2022   06:49 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lautaro Martinez salah satu  andalan Argentina di Piala Dunia 2022. Foto: AFP/GETTY IMAGES/Ornelas dipublikasikan kompas.com

Momen Argentina saat ini mengingatkanku pada Piala Dunia di tiap tahun berakhiran angka 2. Momen ketika Argentina remuk di Piala Dunia. Akankah berlanjut?

Piala Dunia 1962

Piala Dunia dengan tahun angka akhir 2 terjadi pertama kali pada 1962. Saat itu Argentina gagah berani di kualifikasi. Argentina membuat 11 gol dan kebobolan 3 gol di dua laga.

Argentina lolos ke Piala Dunia 1962 yang berlangsung di Chile. Tapi, Argentina gugur di babak grup. Mereka hanya berada di posisi tiga grup 4.

Piala Dunia 1982

Argentina adalah juara bertahan. Sebab pada 1978 mereka jadi kampiun. Dulu, juara bertahan lolos gratis ke Piala Dunia tanpa kualifikasi. Argentina pun langsung lolos ke Piala Dunia 1982 di Spanyol.

Skuad Argentina mengerikan kala itu. Alumni 1978 beberapa masih bermain. Ada Mario Kempes, Asvaldo Ardilles, Daniel Passarella, kiper Ubaldi Fillol. Dari keempat nama itu, hanya Fillol yang usianya 30 tahun lebih.

Artinya, Passarella, Kempes, Ardiles belum tua-tua amat. Selain alumni 1978, ada nama baru yakni Diego Maradona dan Ramon Diaz. Maradona masih 21 tahun dan Diaz 22 tahun.

Maradona dan Diaz adalah sosok yang membawa Argentina juara Piala Dunia U20 tahun 1979. Maradona adalah pemain terbaik Piala Dunia U20 tahun 1979. Sementara, Ramon Diaz adalah topskor Piala Dunia U20 tahun 1979. Betapa mengerikannya skuad Argentina saat itu.

Tapi Argentina hanya sampai fase kedua. Maradona yang digadang bakal membawa Argentina juara, malah dapat kartu merah saat lawan Brazil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun