Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

PSSI, Tengoklah Timnas India

18 Juni 2022   15:01 Diperbarui: 18 Juni 2022   15:05 898 14 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemain Timnas India (putih) di Piala Asia 2019. Foto:the-afc.com dipublikasikan kompas.com

Tahun 1996 aku masih ingat bagaimana India kita bantai 7-1. Itu adalah momen kualifikasi Piala Asia 1996. Masih ingat bagaimana kiper India cedera, masuklah kiper pengganti.

Petakanya, seingatku, kiper pengganti ini dapat kartu merah. India akhirnya menarik sang bintang sekaligus penyerang Baichung Butia menjadi kiper.

India bukan hanya jadi bulan-bulanan Indonesia. India juga dipermak Malaysia 5-2 kala itu. Singkat kata, sepak bola India kala itu buruk. Seperti representasi sebagian film Bollywood, yakni sedih.

Tapi itu dulu. India mulai bergeliat sepak bolanya, beberapa tahun belakangan ini. Mereka membuat India Super League dan menghadirkan banyak mantan bintang dunia.

Ada eks bek kiri Spanyol yang juara di Piala Dunia 2010 Joan Capdevilla. Ada Robert Pires, David Trezeguet, Luis Garcia yang mantan Liverpool.

Maka sejak ada ISL pada 2014, mereka menggeliat. India juga lolos ke Piala Asia 2019 dan 2023. Mereka lolos beruntun melalui kualifikasi.

Ranking mereka mencuat di dunia. Kini mereka peringkat 106 dunia. Melonjak drastis dibandingkan tahun 2015 yang masih ranking 173 dunia. Lolos Piala Asia dua kali beruntun dan ranking yang lebih bagus dari kita, sudah cukup menggambarkan India.

Tentu jika India vs Indonesia, belum tentu Indonesia kalah. Tapi penekananku bukan itu. Penekananku adalah sepak bola India melaju.

Jika ranking dunia mereka lebih bagus dari kita, saya pikir mereka melakukan manajemen yang baik. Sehingga ranking dunia bisa seperti saat ini.

Lalu siapa pelatihnya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan