Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Portugal Sekelompok dengan Italia dan Musibah Wakil Asia

27 November 2021   05:13 Diperbarui: 27 November 2021   05:14 1960 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bruno Fernandes andalan Portugal. foto: Angel Martinez/UEFA dipublikasikan kompas.com

Portugal akhirnya benar-benar akan melakoni playoff Piala Dunia 2022 dengan berat. Mereka satu kelompok dengan Italia. Di sisi lain, wakil Asia yang akan ke playoff mendapatkan hasil undian yang tak mengenakkan.

Dalam undian yang dilaksanakan pada Jumat (26/11/2021) malam, Portugal akan melawan Turki di semifinal. Pemenang laga Portual vs Turki akan melawan pemenang laga Italia vs Masedonia Utara di final. Pemenang final akan lolos ke Piala Dunia 2022.

Maka, dari undian ini, sudah dipastikan bahwa Italia dan Portugal tidak akan berbarengan lolos ke Piala Dunia 2022. Jika Portugal gagal, maka Cristiano Ronaldo untuk pertama kalinya akan jadi penonton. Di sisi lain, jika Italia gagal, mereka akan mengulangi capaian buruk empat tahun lalu.

Sejatinya, Portugal juga tidak akan otomatis mudah mengalahkan Turki. Turki adalah tim dengan banyak pemain bagus. Mereka memiliki Hakan Calhanoglu, Cagar Sayuncu, Merih Demiral, Burak Yilmaz. Maka, bukan perkara mudah bagi Portugal untuk bisa mengalahkan Turki.

Lalu, jika pun bisa mengalahkan Turki, Portugal akan melawan Italia atau Masedonia Utara. Di atas kertas sepertinya Italia  bisa mengalahkan Masedonia Utara. Maka, finalnya kemungkinan adalah Italia vs Portugal.

Nah, di sini Portugal juga bakal kesulitan. Begitu juga dengan Italia. Artinya laga Italia vs Portugal adalah pertandingan yang sulit. Apakah Ronaldo akan bisa lolos dari jalan terjal ini? Ataukah dia dan Bruno Fernandes hanya akan jadi penonton di Piala Dunia 2022?

Sementara di kelompok lain relatif merata. Ada Wales yang melawan Austria dan Skotlandia melawan Ukraina. Pemenang dua laga itu akan main di final dan memperebutkan satu tiket. Di kelompok selanjutnya ada Rusia vs Polandia dan Swedia vs Republik Ceko. Pemenang dua laga itu akan bermain di final dan memperebutkan satu tiket sisa.

Diketahui, playoff zona Eropa akan dilaksanakan pada 24 Maret dan 29 Maret. Sistem pertandingan hanya sekali dan bukan kandang tandang.

Di sisi lain juga telah dilakukan undian untuk playoff antarkonfederasi. Hasilnya tidak mengenakkan untuk wakil Asia. Sebab, tim pemenang playoff di Asia akan melawan wakil dari Amerika Selatan untuk memperebutkan satu tiket.

Jika tim yang lolos playoff dari Amerika Selatan adalah Uruguay, maka akan jadi laga yang berat bagi wakil Asia. Padahal, jika wakil Asia bertemu dengan Oseania maka akan menguntungkan. Tapi, itulah hasil drawingnya. Playoff lain  antarkonfederasi akan mempertemukan wakil dari Oseania melawan wakil dari Concacaf.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan