Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Faktor Politik Pengaruhi Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

18 November 2021   09:17 Diperbarui: 18 November 2021   09:34 254 11 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Timnas Ukraina saat kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu. foto: SERGEI SUPINSKY dipublikasikan kompas.com

Ada 12 tim Eropa yang akan melakoni playoff menuju Piala Dunia 2022. Dari 12 tim itu, hanya ada tiga tim yang nantinya berhak lolos ke Piala Dunia 2022. Di babak playoff ini, faktor politik juga memberi pengaruh.

Sebanyak 12 tim yang akan bermain di playoff adalah Portugal, Italia, Masedonia Utara, Swedia, Turki, Austria, Republik Ceko, Skotlandia, Rusia, Wales, Polandia, dan Ukraina. Ke-12 tim itu akan dibagi dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas empat tim dan akan main dalam format semifinal dan final. Juara masing-masing kelompok akan lolos ke Piala Dunia 2022.

Undian pembagian kelompok akan dilaksanakan pada 26 November 2021. Sementara, pertandingan playoff akan dilaksanakan pada Maret 2022. Adapun Piala Dunia 2022 akan dilaksanakan pada 21 November sampai 18 Desember 2022.

Nah, dalam pembagian kelompok yang akan dilaksanakan pada 26 November nanti, faktor politik ternyata berpengaruh. Negara yang memiliki hubungan politik yang tidak baik, tidak boleh dipertemukan. Setidaknya itulah aturan yang dimunculkan FIFA/UEFA.

Dari 12 tim yang mengikuti playoff, Rusia dan Ukraina adalah negara yang secara politik tidak akur. Diketahui, dulunya Ukraina masuk dalam Uni Soviet bersama Rusia. Namun, kemudian Ukraina memutukan untuk merdeka di awal dekade 90-an.

Hubungan kedua negara juga tak akur sampai saat ini. Setidaknya pada November ini, mengacu pemberitaan abc.net.au, Rusia membangun pangkalan militer di area yang berbatasan dengan Ukraina. Hal ini tentu memantik polemik. Ada kekhawatiran Rusia akan melakukan serangan pada Ukraina.

Maka, karena faktor itu pula, kedua tim tak boleh bertemu di kualifikasi Piala Dunia 2022. Artinya, saat pembagian kelompok playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa, dua negara itu tak akan ada dalam satu kelompok.

Sejatinya bukan hanya Rusia dan Ukraina saja yang tak boleh satu kelompok di kualifikasi Piala Dunia 2022. Dua negara yang tak boleh berkelompok atau bertemu di kualifikasi Piala Dunia zona Eropa adalah Armenia dan Azerbaijan, kemudian Gibraltar dan Spanyol, lalu Kosovo dan Bosnia & Herzegovia, lalu Kosovo dan Serbia, kemudian Kosovo dan Rusia.

Namun, karena babak playoff hanya menyisakan Rusia dan Ukraina, maka hanya pertemuan itu saja yang dilarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan