Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Belanda Buang Peluang, Awas Tragedi Kualifikasi Piala Dunia 2002 Terulang

14 November 2021   11:35 Diperbarui: 14 November 2021   11:54 115 15 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyerang Belanda Memphis Depay (kanan).(AFP/MAURICE VAN STEEN dipublikasikan kompas.com)

Belanda benar-benar membuang peluang. Kemenangan di depan mata ambyar di menit akhir. Padahal, jika menang atas Montenegro, Belanda akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2022.

Belanda yang sempat unggul 2-0 akhirnya harus rela main seri lawan Montenegro. Laga itu dihelat pada Minggu (14/11/2021) dinihari WIB dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa grup G.

Ceritanya, Belanda sempat unggul dua gol. Memphis Depay menjebol gawang Montenegro pada menit 25 melalui penalti dan menit 54. Sayangnya keunggulan itu buyar. Sebab Vukotic dua kali menjebol gawang Belanda di menit 82 dan 86. Laga berakhir 2-2.

Padahal, jika Belanda mengalahkan Montenegro, mereka akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2022. Jika menang atas Montenegro, Belanda akan memiliki 22 poin dan tak bisa dikejar tim lain di grup G.

Namun, hasil seri lawan Montenegro membuat Belanda kini memiliki 20 poin. Adapun Turki di posisi dua klasemen dan Norwegia di posisi tiga klasemen dengan nilai 18. Sekalipun masih di puncak klasemen sementara, satu laga sisa bukan partai yang mudah.

Di laga terakhir, Belanda akan menjamu Norwegia pada Rabu (17/11/2021) mulai pukul 02.45 WIB. Belanda hanya membutuhkan hasil seri dan berharap Turki tak menang minimal 14-0 atas Montenegro di laga lainnya.

Jika dilihat secara fakta, sepertinya sulit bagi Turki menang dengan selisih 14 gol. Apalagi, laga dilangsungkan di Montenegro. Jadi, asal seri lawan Norwegia, Belanda akan lolos.

Namun, jika sampai kalah dari Norwegia, Belanda ada di ujung tanduk. Jika Turki mengalahkan Montenegro, maka Belanda akan tersingkir. Sehingga, tiket otomatis lolos ke Piala Dunia 2022 dari grup G akan diperebutkan Turki dan Norwegia. Siapa yang memiliki selisih gol lebih baik, maka akan lolos.

Situasi saat ini membuat Norwegia yang dibela Erling Haaland akan mati-matian melawan Belanda. Sebab, hanya kemenangan yang memungkinkan Norwegia bisa lolos ke Piala Dunia 2022.

Maka, Belanda yang sudah buang peluang harus waspada. Jangan sampai memori kualifikasi Piala Dunia 2002 atau 20 tahun yang lalu terulang.

Kala itu di kualifikasi Piala Dunia 2002, Belanda satu grup dengan tim kuat di masanya yakni Portugal dan Republik Irlandia. Sayangnya, Belanda gagal bersaing melawan dua tim tersebut dan gagal ke Piala Dunia 2002.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan