Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pengalaman Teman Hadapi Tukang Parkir Dadakan

31 Oktober 2021   10:44 Diperbarui: 31 Oktober 2021   10:51 267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi parkir. Foto: Kompas.com/Sherly Puspita

Aku harus akui tukang parkir itu macam-macam. Ada yang rajin, ada yang asal-asalan. Ya sebenarnya sama dengan pekerjaan lain. Pekerja kantoran juga begitu. Ada yang rajin dan ada yang asal-asalan.

Aku menemui satu tukang parkir yang serius. Tukang parkir di pasar desa. Dia selalu meminta agar motor jangan dikunci setang. Kadang khawatir jika begitu. Tapi pasar desa ya pengunjungnya orang-orang situ saja yang relatif dikenal. Jika ada orang asing, maka akan ketahuan.

Motor tak disetang agar mudah diatur. Selain meminta motor jangan dikunci setang, dia juga akan memberi jalan pada motor yang akan keluar. Dia juga mengubah posisi motor yang akan keluar. Singkat kata, dia rajin jadi tukang parkir.

Tapi, yang namanya tukang parkir ya macam-macam. Salah satunya tukang parkir yang dadakan ada di satu tempat. Tempat yang mulanya tak ada tukang parkir, kemudian ada tukang parkir.

Ceritanya, teman saya ini adalah ketua RT. Dia tentu jadi tempat mengadu bagi para warganya. Salah satu warganya yang punya pasien banyak, mengeluh karena mulai ada tukang parkir. Padahal, dulunya tak ada tukang parkir.

Ternyata juga, tukang parkir itu orang asing. Bukan orang kampung situ. Curhatlah si warga pada teman saya. Si warga ingin agar tak ada lagi tukang parkir karena dikeluhkan para pasiennya.

Teman saya ini kemudian memanggil tukang parkir yang orang asing itu secara baik-baik. Ditanyalah mengapa buka lapak di RT-nya, tanpa izin pula. Ternyata, dia hanya disuruh oleh orang "kuat" di situ. Selain itu juga diminta setor ke orang "kuat" itu.

Teman saya ini kemudian memutuskan agar si tukang parkir jangan lagi beroperasi. Tentu saja orang "kuat" itu meradang. Selang beberapa hari kemudian, di malam hari, cekcok adu mulut dan ancaman meluncur dari orang "kuat" itu pada teman saya.

Tapi orang "kuat" itu lupa bahwa teman saya juga punya massa. Di malam itu cekcok menarik perhatian. Baku pukul hampir terjadi. Tapi orang "kuat" itu memilih pergi ketika teman dari teman saya menantang duel.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun