Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Meraba Apa yang Akan Ditekankan Shin Tae-Yong di Leg Kedua

29 Oktober 2021   04:40 Diperbarui: 29 Oktober 2021   04:41 146 15 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Shin Tae-yong. foto: johannes eisele dipublikasikan kompas.com

Di tulisan sebelumnya, saya menulis bahwa semangat bertarung dan percaya diri adalah modal utama Timnas Indonesia U-23 di laga melawan Australia. Kemudian, dari pernyataan Shin Tae-Yong usai kekalahan di leg pertama, sepertinya ada kecocokan. Tentu berdasarkan penilaian pribadi saya.

Pelatih asal Korea Selatan itu menekankan bahwa Indonesia bisa mengalahkan Australia di leg kedua. Syaratnya adalah percaya diri. Nah, saya pikir itulah yang akan ditekankan Shin Tae-Yong pada leg kedua.

Saya menduga selama jeda antara leg pertama dan kedua, Shin Tae-Yong akan memompa semangat percaya diri para pemain Garuda Muda.

Percaya diri akan memompa semangat bertanding. Percaya diri akan memompa semangat bertarung. Jika semangat bertarung itu ditekankan, saya yakin skema sebagus apapun dari Australia akan ambyar.

Semangat bertarung itu tentu tidak mengabaikan taktik. Tapi semangat bertarung akan jadi modal utama bagi Indonesia di leg kedua. Rabaan saya, penekanan pada kepercayaan diri dan semangat bertarung itulah yang akan jadi sorotan utama Shin Tae-Yong.

Sebelum laga, rabaan saya, Shin Tae-Yong akan mengingatkan bahwa kekalahan postur bukan hal utama. Jangan kalah sebelum bertanding. Saya sendiri yakin, bahwa semangat bertempur itu ada di benak para pemain Indonesia.

Kenapa yakin? Ya karena sebagian pemain pernah bertarung dengan pemain yang lebih senior. Para pemain Timnas Indonesia U-23 yang sudah merasakan atmosfer Liga Indonesia tentu pernah berhadapan dengan pemain yang lebih tua.

Lebih-lebih pemain yang berlaga di luar negeri seperti Witan Sulaeman dan kapten Asnawi Mangkualam. Keduanya jelas pernah merasakan atmosfer berlatih dan bertarung dengan pemain yang beda fisik.

Maka, sepertinya Shin Tae-Yong akan menekankan dua hal itu yakni percaya diri dan berani bertarung. Ya kalau pun bukan dua hal itu yang ditekankan Shin Tae-Yong tidak tak apa-apa. Yang penting Indonesia bermain menggairahkan dengan klimaks kemenangan.

Sekadar diketahui, Indonesia U-23 melawan Australia U-23 dalam ajang kualifikasi Piala Asia U-23. Di leg pertama Indonesia kalah 2-3. Agar lolos ke Piala Asia U-23, maka Indonesia harus mengalahkan Australia di leg kedua yang dihelat Jumat (29/10/2021) mulai pukul 19.00 WIB.

Menang selisih satu gol pun tak apa, asal kemudian menang melalui adu penalti. Tapi lebih aman adalah menang dengan selisih dua gol.

Piala Asia U-23 akan dilaksanakan di Uzbekistan pada 1-19 Juni 2022. Selamat bertanding Garuda Muda. Yakin pasti lolos!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan